Kamis 16 Jan 2020 17:48 WIB

Miliader Rusia Sponsori Pembangunan Stadion Baru Everton

Miliader Rusia suntikan dana 30 juta Pounds untuk pembangunan stadion baru Everton

Rep: Rizky Suryandika/ Red: Agung Sasongko
Miliader Rusia, Alisher Usmanov.
Foto: EPA-EFE/YURI KOCHETKOV
Miliader Rusia, Alisher Usmanov.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Miliader asal Rusia Alisher Usmanov menyuntikan dananya untuk pengembangan stadion baru Everton. Usmanov menggelontorkan dana 30 juta poundsterling untuk pembangunan stadion tersebut.

Usmanov bukan nama baru di dunia sepakbola Inggris.  Sebelumnya, ia menjadi pemilik saham terbesar kedua Arsenal dari 2007-2018. Sahamnya kemudian dijual hingga 550 juta Euro pada pemilik Arsenal Stan Kroenke yang kini jadi pemilik tunggal Arsenal.

Baca Juga

Selama beberapa waktu terakhir, ia menjatuhkan pilihan investasi pada stadion baru Everton yang bersebelahan dengan laut. Bahkan Usmanov mendapat hak menamai stadion itu dengan nama perusahaannya USM.

"Mereka sedang membangun stadiom baru. Kenapa tidak dinamai USM Arena? Memang bukan suatu kewajiban untuk ikut campur, saya bisa saja sekedar mensponsori mereka," kata Usmanov dilansir dari Football London pada Rabu, (15/1).

Hubungan Usmanov dan Everton sudah terjalin erat sejak mendanai lokasi latihan the Toffees pada 2017. Peresmian kerjasama pada musim panas lalu menguatkan posisi Usmanov di Everton. Sejak saat itu, logo milik Usmanov dikenakan pemain Everton.

Usmanov menyatakan tak masalah duduk bersebelahan dengan pemilik Everton Farhad Moshiri. "Ya tentu saja tidak masalah, justru dengan senang hati jika dia (Moshiri) meminta," ujar Usmanov.

Meski begitu, Usmanov tetap menyimpan perasaan tersendiri buat Arsenal. Ia tak memungkiri masih menjadi fans klub Ibu Kota Inggris itu. "Saya berpikir tentang investasi di klub ini (Everton), tapi saya tak bisa menolak Arsenal. Saya tak akan meninggalkan Arsenal sebagai fans. Tapi jika diminta mengenakan seragam Everton saya tetap mau karena saya profesional," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement