Kamis 30 Jan 2020 17:40 WIB

Arema Penuhi Kuota Pemain Asing

Kepastian tambahan tiga pemain asing itu membuat komposisi skuat Arema kian lengkap.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pesepak bola Arema FC, Elias Patricio Alderete dari Argentina (kiri), Jonathan Jesus Bauman dari Argentina (kanan), dan Matias Daniel Malvino dari Uruguay (tengah) berpose usai menandatangani kontrak di Kantor Arema, Malang, Jawa Timur, Kamis (30/1).
Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
Pesepak bola Arema FC, Elias Patricio Alderete dari Argentina (kiri), Jonathan Jesus Bauman dari Argentina (kanan), dan Matias Daniel Malvino dari Uruguay (tengah) berpose usai menandatangani kontrak di Kantor Arema, Malang, Jawa Timur, Kamis (30/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perburuan pemain di jendela transfer Liga 1 2020 semakin mendekati babak akhir. Arema FC menjadi salah satu klub yang baru saja memenuhi slot pemain asing menjelang kompetisi musim 2020.

Kuota pemain asing Arema FC akhirnya terpenuhi menyusul kedatangan tiga pemain asing baru, yakni Jonathan Bauman, Matias Alvino, dan Elias Alderete. Ketiga tiba di Malang pada Rabu (29/1) malam WIB.

Ketiga pemain asing itu akan bergabung dengan satu pemain asing Asia asal Korea Selatan, Oh In Kyun, yang lebih dulu bergabung dengan tim yang bermarkas di Stadion Kanjuruhan, Malang. Dengan ini slot empat pemain asing Arema FC pun sudah terpenuhi.

"Ketiga pemain tersebut sudah tiba di Malang tadi malam, rencananya mereka akan diperkenalkan secara resmi pagi ini," kata media officer Arema FC, Sudarmaji, dikutip dari laman resmi klub, Kamis (30/1).

Kepastian tambahan tiga pemain asing itu membuat komposisi tim berjuluk Singo Edan semakin lengkap. Sebelumnya, Arema FC telah merekrut Teguh Amiruddin, Bagas Adi, Syaiful Indra, Dave Mustaine, Kushedya Hari Yudo, Pandi Lestaluhu, dan Mariando Uropmabin untuk slot pemain lokal.

General Manager Arema FC Ruddy Widodo mengatakan, tiga pemain asing itu merupakan potongan puzzle yang diinginkan tim kepelatihan di bawah komando Mario Gomez. "Ini puzzle terakhir yang ditemukan. Kami sudah jauh-jauh hari bertemu Coach Mario Gomez saat di Surabaya dan memulai negosiasi. Di sana dia bercerita siapa saja pemain yang diinginkan. Salah satunya Jonathan Bauman ini," kata dia.

Ruddy menambahkan, untuk pemain asing yang direkrut Arema FC musim ini, sepenuhnya merupakan rekomendasi pelatih Mario Gomez. Ruddy berharap ketiga pemain asing yang baru didatangkan tersebut bisa memberikan kontribusi lebih bagi skuat Arema agar bisa meraih hasil lebih baik pada kompetisi musim 2020. "Kami sengaja untuk tidak ekspose dulu tiga pemain asing di posisi stopper, second striker, dan stiker. Karena kemarin yang di posisi stopper tidak lulus verifikasi, makanya kam sengaja tidak ekspose dulu," lanjut pria asal Madiun tersebut.

Ruddy mengungkapkan, beberapa alasan memilih tiga pemain asing tersebut. Pertama, Ruddy mengakui tim berjuluk Singo Edan bersikeras ingin mendapatkan Jonathan Bauman karena pemain asal Argentina itu pernah bekerja sama dengan Mario Gomez di Persib Bandung pada 2018. "(Bauman) pernah bermain di Bandung ketika Gomez melatih Persib. Sempat ada tarik-ulur saat proses negosiasi Bauman. Tapi sekarang semua sudah clear," ungkap dia.

Selain itu, Ruddy membenarkan bahwa Elias Alderete didatangkan dengan klausul khusus. Pemain berusia 24 tahun itu berstatus sebagai pemain pinjaman dengan opsi pembelian setelah satu tahun. "Alderete kami pinjam dari klubnya (Chacarita Juniors) di Argentina. Untuk opsi perpanjangan, tentunya jika dia kembali masuk rekomendasi Coach Mario Gomez setelah menjalani musim ini dengan bagus," jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement