Selasa 04 Feb 2020 02:10 WIB

Perbasi Targetkan Tim 3x3 Masuk Olimpiade 2024

Indonesia harus aktif menggelar kompetisi atau liga 3x3.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Rama Datau )tengah) dalam acara jumpa pers liga basket 3x3.EXE.Premier.
Foto: Republika/Fitriyanto
Rama Datau )tengah) dalam acara jumpa pers liga basket 3x3.EXE.Premier.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) menargetkan tim 3x3 Indonesia bisa mengikuti ajang Olimpiade 2024 yang akan diselenggarakan di Paris, Prancis.

“Basket 3x3 Indonesia punya target masuk Olimpiade 2024. Oleh karena itu, kami harus mempersiapkan segalanya mulai dari sekarang. Kami harus mematangkan skill dan juga mental para pemain supaya benar-benar siap tanding,” kata Ketua 3x3 PP Perbasi Rama Datau di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (3/2).

Baca Juga

Untuk memenuhi target tersebut, menurut dia, Indonesia harus aktif menggelar kompetisi atau liga 3x3. Selain itu, tim 3x3 Indonesia juga harus sering dikirim untuk mengikuti rangkaian pertandingan yang diselenggarakan oleh FIBA.

Lebih lanjut, dia menuturkan salah satu upaya yang dilakukan oleh Perbasi pada tahun ini, yaitu menggelar liga basket 3x3 profesional terbesar di wilayah Asia bertajuk 3x3 EXE Premier Indonesia yang akan digelar mulai Agustus hingga September 2020.

“Tahun ini kami mengadakan liga 3x3 EXE Premier Indonesia yang levelnya memang internasional dan profesional,” ujar Rama.

Melalui penyelenggaraan liga tersebut, dia pun berharap nantinya tim basket 3x3 Indonesia tidak hanya unggul di dalam negeri saja, tetapi juga mampu bersaing bahkan lebih unggul dari tim-tim yang ada luar negeri.

“Liga 3x3 Exe Premier Indonesia itu akan membuka kesempatan bagi para pemain maupun klub 3x3 untuk bisa bermain di liga internasional. Jadi, kita tidak cuma jago kandang saja. Kita juga bisa bersaing dengan pemain-pemain luar negeri, bahkan malah mungkin bisa lebih jago dari mereka,” ungkap Rama.

Liga basket 3x3 EXE Premier Indonesia merupakan bagian dari 3x3 EXE Premier yang sudah bergulir sejak 2014 di Jepang.

Tahun ini, liga tersebut akan diselenggarakan di lima negara, yaitu Jepang, Thailand, Selandia Baru, Taiwan, dan Indonesia mulai Agustus hingga September 2020.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement