Kamis 06 Feb 2020 09:30 WIB

Hamburg SV Izinkan Penggunaan Suar di Stadion

Uji coba Hamburg ini sebenarnya bertentangan dengan ketentuan sepak bola Eropa.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Endro Yuwanto
Para pemain Hamburg SV melakukan selebrasi setelah mencetak gol.
Foto: hsv.de
Para pemain Hamburg SV melakukan selebrasi setelah mencetak gol.

REPUBLIKA.CO.ID, HAMBURG -- Hamburg SV dalam masa uji coba mengizinkan fan menggunakan suar di saat pertandingan sepak bola berlangsung. Rencananya, laga Hamburg melawan Karlsruher akhir pekan ini akan menjadi momen pertama kalinya suar kembali dilegalkan di sebuah stadion di Eropa.

Klub Bundesliga 2 Jerman tersebut sukses mengizinkan fan menggunakan pelontar asap dalam pertandingan sebelumnya. Tak ada fan yang terpancing oleh tindakan tersebut.

Hanya saja, penggunaan asap diizinkan khusus sebelum pertandingan dimulai. Peluncuran asap juga patut dipantau oleh pihak yang ahli di bidangnya guna mencegah hal-hal yang tak diinginkan.

"Tindakan fan itu secara kontinyu dipantau oleh ahlinya. Regu pemadam kebakaran akan bersiaga di lokasi," tulis keterangan resmi Otoritas Sepak Bola Jerman (DFB) dilansir dari BBC pada Rabu (5/1).

Uji coba Hamburg ini sebenarnya bertentangan dengan ketentuan yang dipegang oleh klub sepak bola di Eropa. Ada larangan segala jenis benda yang mengeluarkan asap atau api di stadion. Ini berarti termasuk suar atau petasan.

Namun Hamburg tetap keukeuh melangsungkan uji coba. Sanksi denda sekitar 250 ribu pounds yang pernah diterima musim lalu tak menggetarkan Hamburg.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement