Rabu 12 Feb 2020 17:22 WIB

Pengamat: Peluang Witan Tembus Tim Utama Surdulica Terbuka

Namun, persaingan klub Eropa tentu lebih keras daripada liga domestik negeri sendiri.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Endro Yuwanto
Witan Sulaeman
Foto: TARA FOTO/M Risyal Hidayat
Witan Sulaeman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat sepak bola Eko Noer Kristiyanto menilai, bergabungnya Witan Sulaiman ke klub Serbia, FK Radnik Surdulica, akan membawa dampak positif. Ia mengatakan, Witan memiliki peluang besar menembus tim utama di klub asal Serbia tersebut.

"Jujur, Liga Serbia bukan apa-apanya dibanding liga top Eropa, jadi saya lihat kans itu terbuka, asal yang bersangkutan jangan cepat berpuas diri," kata Eko Noer Kristiyanto, Rabu (12/2).

Menurut Eko, bergabungnya Witan Sulaiman ke klub besutan Simo Krunic juga bisa berdampak baik bagi tim nasional Indonesia. Dia mengatakan, ilmu dan pengalaman yang didapatkan Witan bisa menjadi modal mendongkrak permainan tim nasional nantinya. "Tentu itu akan sangat berkorelasi, kalau dia main bagus di sana, pengalaman dan jam terbang lawan orang asing maka, performa di timnas akan terdongkrak," katanya.

Kendati, Eko mengimbau Witan untuk terus bekerja keras bersama klub tersebut. Ia mengatakan, persaingan klub Eropa tentu lebih keras daripada liga domestik di negeri sendiri.

Menurut Eko, tidak sedikit pemain asal Indonesia yang dikontrak klub Eropa, namun tidak bisa bersaing di klub barunya itu. "Ini masalah mental ngaruh banget, kalau nggak bisa perlihatkan hal istimewa lalu nggak dipake trus ngedrop ya bisa terus-terusan turun," katanya.

Lebih jauh, Eko mengatakan, Witan harus bermain di kejuaraan antarklub di Eropa untuk membuka peluang karier. Menurutnya, Witan harus berusaha membantu agar klubnya itu bisa main di Liga Europa "Kalau seperti itu nantinya dia akan banyak dipantau yang lain jadi nggak cuma publik Indonesia dan Serbia yang lihat dia," katanya.

Witan Sulaiman dikontrak FK Radnik Surdulica selama 3,5 tahun. Kepastian berlabuhnya pemain 18 tahun itu ke Eropa diumumkan saat dia dan agennya, Dusan Bogdanovic bertemu Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali di Senayan, Senin (10/2) lalu.

Agen Witan Silaiman, Dusan Bogdanovic menyebut peluang kliennya itu untuk bermain di Serbia juga terbuka lebar. Dia mengatakan, Witan juga tidak akan kesulitan untuk beradaptasi dengan para pemain di klub tersebut. "Ini juga negara saya, adaptasi di sana juga tidak akan sulit untuk orang Indonesia dan orang di sana juga pasti menerima Witan dengan baik," katanya.

Dusan mengungkapkan, Witan sebenarnya memiliki beberapa opsi untuk bergabung dengan klub Eropa. Lanjutnya, pemain timnas U-23 itu juga mendapatkan kontrak dari klub Polandia. Liga Serbia dipilih karena kompetisi di negara itu memang jauh berbeda dengan Polandia. Dia mengaku ingin membuka banyak jaringan untuk pemain Indonesia. "Witan memang ingin bergabung di klub Serbia itu untuk batu loncatan kariernya," kata Dusan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement