Kamis 13 Feb 2020 17:26 WIB

Persija Petik Kemenangan Kedua di Piala Gubernur Jatim

Persija mengalahkan Sabah FA 2-0 pada laga kedua Grup B Piala Gubernur Jatim.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Tim Persija Jakarta
Foto: dok. Liga Indonesia
Tim Persija Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persija Jakarta sukses meraih poin penuh pada laga kedua Grup B Piala Gubernur Jatim saat menghadapi Sabah FA. Tim asuhan Sergio Farias menaklukkan Sabah FA 2-0 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Kamis (13/2) sore.

Dengan kemenangan ini, Persija mengantongi nilai enam dari dua laga. Persija bisa memastikan tiket ke semifinal bila pada laga malam nanti Arema FC mengalahkan Persela Lamongan tau kedua tim bermain imbang.

Baca Juga

Jalannya laga

Sabah FA menggebrak pada awal laga. Tim asuhan Kurniawan Dwi Yulianto itu mencoba memberikan ancama di muka gawang Persija, namun bola berhasil disapu oleh Ryuji Utomo.

Sabah FA tampil percaya diri menekan Persija hingga menit ke-10. Macan Kemayoran belum mendapat celah untuk menembus pertahanan Sabah. Bahkan, serangan demi serangan dari tim asal Malaysia itu membuat Persija lebih banyak bertahan.

Pada menit ke-13 Sabah mendapat peluang emas melalui Petrus Shitembi yang mendapat bola di kotak 16 Persija. Namun tendangan Petrus dapat ditahan di tengah kotak 16.

Persija akhirnya mendapatkan peluang pada menit ke-17 lewat tendangan bebas Marco Simic di lini pertahanan Sabah. Dari situasi tersebut, Evan Dimas mendapat kesempatan emas di kotak 16 Sabah. Namun, tendangan Evan yang sempat ditahan masih dapat disapu pemain Sabah di muka gawang Wan Muhammad Azraie.

Pada menit ke-22 Sabah kembali memberikan ancaman melalui tendangan Dennis Buschenning dari sisi kiri serangan. Namun bola hanya bergulir di sisi kiri gawang Andritany ARdhiyasa. Tiga menit selanjutnya Dennis berhasil memanfaatkan umpan terobosan dari sisi kiri. Namun lagi-lagi tendangan Dennis masih belum menemui sasaran.

Pada menit ke-33 Alfath Faathier akhirnya berhasil menggedor lini pertahanan Sabah saat menerima umpam terobosan di sisi kiri gawang. Namun, tendangan Faathier yang mengarah langsung ke gawang berhasil diblokir oleh kiper.

Persija mendapat peluang emas saat pemain Sabah, Wensley, handball di dalam kotak 16. Simic yang mengeksekusi tendangan dari titik putih tak menyia-nyiakan kesempatan emas tersebut. Gol pertama berhasil diciptakan Persija pada menit ke-37.

Sabah belum menyerah, tertinggal 0-1 membuat klub asal Malaysia itu bermain lebih agresif. Peluang emas didapatkan Rodoliob Paunovic di depan gawang Persija. Namun, tandukan Paunovic masih melenceng. Tak ada gol tambahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Persija lebih percaya diri. Melalui kombinasi serangan dari separuh lapangan permainan, Evan berhasil memberikan umpan terobosan kepada Riko Simanjuntak di sisi kanan serangan. Namun, umpan tarik Riko kepada Evan berhasil diantisipasi oleh pemain belakang Sabah.

Selanjutnya, Sabah juga mampu memberikan ancaman ke gawang Persija lewat Hector Ramos. Namun, tendangan Ramos masih meleset di sisi kiri gawang Andritany. Gagal pada percobaan tersebut, Sabah kembali memberikan tekanan. Kali ini giliran Evan Wensley yang mencoba melepaskan tendangan spekulasi dari luar kotak 16. Namun bola kembali belum menemui sasaran.

Pada menit ke-52 Persija berhasil memperlebar keunggulan melalui gol yang diciptakan Rohit Chand. Berawal dari kombinasi serangan di sisi kiri, Simic melihat peluang untuk melepaskan umpan ke kotak 16, Rohit yang menyambut umpan tersebut berhasil mencetak gol kedua bagi Macan Kemayoran.

Sabah terus berupaya memperkecil ketertinggalan dengan kombinasi serangan yang dibangun dari bawah. Hingga pada menit ke-60 peluang emas didapatkan oleh Ariusdius Jais saat mendapat umpan di depan gawang Persija Jakarta. Namun, tendangan keras dengan kaki kanannya masih dapat diadang oleh Andritany.

Pada menit ke-66 Sabah kembali memberikan ancaman ke gawang Persija Jakarta. Kali ini ancaman diberikan melalui situasi tendangan bebas. Tendangan bola mati yang diambil oleh Abdul Fattah mengarah langsung ke gawang, namun masih meleset tipis di sisi kanan.

Persija kembali menggempur pertahanan Sabah pada menit ke-77. Melalui skill individu Osvaldo Haay dia berhasil memberikan umpan dari sisi kiri serangan. Novri berhasil menerima umpan tersebut, namun berhasil diblok saat hendak melepaskan tendangan.

Tak mau kalah, Simic berhasil memberikan ancaman ke gawang Sabah pada menit ke-80 melalui situasi bola mati. Simic langsung mengarahkan bola ke gawang, namun masih meleset tipis di sisi kanan gawang. PAda menit ke-84, Simic kembali mendapat peluang emas saat mendapat umpan di muka gawang Sabah. Namun, bola sentuhan terakhir Simic masih meleset di atas mistar gawang.

Tidak ada gol tambahan yang mampu diciptakan oleh kedua tim hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir ditiup oleh wasit. Laga pun berakhir dengan skor 2-0 untuk Persija. Sabah juga dipastikan tersingkir setelah takluk dari Arema FC pada pertemuan pertama. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement