Rabu 19 Feb 2020 02:17 WIB

Bersaing di Atas Usia 30 Tahun, Messi Lebih Baik dari CR7

Messi dinilai mampu terus memberikan kontribusi besar buat performa Barcelona.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Lionel Messi (kiri) dan Cristiano Ronaldo
Foto: REUTERS/Arnd Wiegmann
Lionel Messi (kiri) dan Cristiano Ronaldo

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Dalam satu dekade terakhir, sepak bola modern diwarnai dengan rivalitas sengit antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Dengan kemampuan olah bola, yang dimiliki, dua pemain ini terus memperbarui berbagai catatan rekor di sejarah sepak bola.

Perdebatan siapa pemain yang lebih baik di antara keduanya pun terus bergulir hingga kini, termasuk saat Messi dan Ronaldo telah memasuki usia 30 tahunan, bilangan usia yang sebenarnya tidak lagi muda untuk ukuran pesepak bola profesional.

Baca Juga

Lahir di Rosario, Argentina, pada Juni 1987, Messi telah genap berusia 32 tahun pada tahun ini. Sementara Ronaldo, lebih tua tiga tahun, telah menginjak usia 35 tahun. Namun, buat dua bintang tersebut, usia akhirnya hanya angka statistik.

Seperti dilansir International Business Times (IBT), Selasa (18/2), Messi dan Ronaldo menempati dua posisi teratas dari segi performa pemain-pemain yang telah menginjak usia 30 tahun atau lebih di lima liga top Eropa pada musim ini. IBT menggunakan data dari laman penyedia statistik sepak bola, Whoscored.

Sebelumnya, Whoscored telah melakukan pendataan dan penilaian terhadap pemain-pemain terbaik di lima liga top Eropa berdasarkan klasifikasi umur, mulai dari usia 17 tahun hingga 36 tahun. ''Data tersebut mengungkapkan, Messi dan Ronaldo ternyata masih menjadi yang terbaik di kelas pemain berusia 30 tahun ke atas,'' tulis pernyataan IBT.

Kendati begitu, dari segi rating, Messi jauh lebih baik ketimbang Ronaldo. Sementara Messi mendapatkan rating atau penilaian sebesar 8,65 poin, Ronaldo berada di tempat kedua dengan rating mencapai 7,91 poin. Messi dinilai mampu terus memberikan kontribusi besar buat performa Barcelona pada musim ini.

Meski Messi gagal mencetak gol di empat laga terakhir La Liga Spanyol, yang merupakan catatan terburuk Messi dalam urusan mencetak gol enam tahun terakhir, tapi penyerang berjuluk La Pulga itu memiliki kontribusi lain, berupa torehan assist.

Di pentas La Liga musim ini, Messi mencetak 14 gol dan mengemas 12 assist. Secara total, Messi terlibat langsung dalam 26 gol Barcelona di pentas La Liga musim ini. Catatan ini kian spesial lantaran Messi hanya tampil di 18 laga, usai sempat mengalami cedera pada awal musim ini. Catatan ini menunjukkan Messi sebagai pemain yang lebih efektif ketimbang CR7, julukan Ronaldo.

Di sisi lain, catatan Ronaldo tidak kalah impresif, terutama dari segi konsistensi dan torehan gol. Saat sebagian besar pesepak bola profesional mulai berpikir untuk pensiun memasuki umur 35 tahun, bintang Juventus itu memilih untuk terus bersaing di level tertinggi.

Bahkan, sejak Desember tahun lalu, atau tepatnya sejak Messi menjadi satu-satunya pemain yang mampu mengoleksi enam trofi Ballon d'Or, Ronaldo menjadi pemain dengan koleksi gol terbanyak. Sejak awal Desember 2018, Ronaldo telah mencetak 14 gol, berbanding dengan lima gol milik Messi. Mantan bintang Real Madrid itu pun tidak pernah absen mencetak gol di 10 laga Serie A, dengan torehan 16 gol dan satu assist.

Ronaldo pun menjadi pemain Juventus pertama yang mampu mencetak gol di 10 laga Serie A secara beruntun. Tidak hanya itu, torehan 20 gol di pentas Serie A mengantarkan Ronaldo di peringkat kedua daftar top skorer sementara Serie A, setelah Ciro Immobile dengan torehan 25 gol. Alhail, kendati dari segi peringkat di lima liga top Eropa, Ronaldo masih kalah dari Messi, tapi Ronaldo masuk dalam daftar enam pemain terbaik di dunia pada musim ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement