Rabu 19 Feb 2020 05:30 WIB

Rekor Gol Haaland Antar Satu Kaki Dortmund Lewati 16 Besar

Jika kalah di leg 2, tren gugurnya PSG di 16 besar Liga Champions akan berlanjut.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Endro Yuwanto
Pemain Dortmund, Jando Sancho (kiri) dan Erling Haaland (kanan) usai laga Dortmund vs PSG.
Foto: EPA-EFE/FRIEDEMANN VOGEL
Pemain Dortmund, Jando Sancho (kiri) dan Erling Haaland (kanan) usai laga Dortmund vs PSG.

REPUBLIKA.CO.ID, DORTMUND -- Pemain anyar Borussia Dortmund, Erling Braut Haaland, berhasil membawa timnya keluar sebagai pemenang pada laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions melawan Paris Saint-Germain (PSG), Rabu (19/2) pagi WIB. Haaland mencetak dua gol dan membuat skor akhir pertandingan menjadi 2-1 untuk kemenangan Dortmund.

Haaland, yang pindah ke Dortmund dari Salzburg Januari lalu, menambah jumlah gol Liga Chaampions-nya menjadi 10 gol. Ia mencetak gol tersebut hanya dalam tujuh laga. Ia pemain tercepat yang mampu melakukannya.

Baca Juga

Gol pertama yang dicetak mantan pemain RB Salzburg itu terjadi pada menit ke-69. Haaland berhasil menyontek bola muntah yang ditepis oleh kiper PSG, Keylor Navas. Sebelum tiba di kaki Haaland, Achraf Hakimi mengirimkan operan silang dari sisi kanan lapangam ke arah kotak penalti. Operan itu diteruskan dengan tendangan oleh Raphael Guerreiro.

Kemudian, enam menit berselang giliran PSG yang mencetak gol penyama kedudukan. Neymar menyepak umpan mendatar terukur dari pemain masa depan Prancis, Kylian Mbappe, di hadapan Roman Burki pada menit ke-75. Mbappe yang menggiring bola dengan kecepatan tinggi berhasil melewati pemain belakang Dortmund di sisi kanan lini serang PSG.

Skor 1-1 tidak bertahan lama. Pada menit ke-77 Haaland berhasil mencetak gol keduanya. Sepakan keras menggunakan kali kiri anak dari mantan pemain Manchester City itu tak dapat dibendung oleh Navas. Dortmund kembali unggul dengan skor 2-1.

Skor pada pertandingan yang menghasilkan empat kartu kuning untuk PSG dan satu kartu kuning untuk Dortmund itu tak berubah hingga peluit akhir pertandingan ditiup. Dengan hasil ini, Dortmund berhasil mengamankan satu kakinya untuk menuju babak berikutnya.

PSG harus berjibaku di kandang pada laga kedua. Untuk lolos, tim asuhan Thomas Tuchel itu hanya butuh kemenangan satu gol tanpa kebobolan atau selisih dua gol pada leg kedua. Jika tidak, tren gugurnya PSG di babak 16 Liga Champions akan berlanjut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement