Rabu 19 Feb 2020 09:51 WIB

The Jakmania Diimbau tak Hadiri Final Piala Gubernur Jatim

Ini mengacu pada laga yang mempertemukan dua tim dengan rivalitas suporter tinggi.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Endro Yuwanto
Suporter Persija Jakarta, Jakmania, bersorak saat mendukung timnya di Piala Gubernur Jatim.
Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
Suporter Persija Jakarta, Jakmania, bersorak saat mendukung timnya di Piala Gubernur Jatim.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- PSSI Jawa Timur (Jatim) memastikan partai final Piala Gubernur Jatim 2020 antara Persebaya Surabaya melawan Persija Jakarta akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Kamis (20/2). Sekretaris PSSI Jatim Amir Burhanuddin mengatakan, pemilihan tempat final ini telah diputuskan sebelumnya.

Laga semifinal antara Persebaya dan Arema yang digelar di tempat netral, menjadi penentunya. Apabila Persebaya menang, pertandingan final akan dilaksanakan di Stadion GBT. Sebaliknya, jika Arema menang final akan digelar di Kanjuruhan.

Baca Juga

"Hasilnya sudah diketahui dan yang lolos Persebaya di partai final dan akan bertemu dengan Persija. Tentu didasari rakorpam (rapat kordinasi pengamanan) kemarin, maka pertandingan final besok digelar di Stadion GBT dengan suporter," ujar Amir, Rabu (19/2).

Amir melanjutkan, meski laga final Piala Gubernur Jatim 2020 bisa disaksikan suporter, namun The Jakmania, julukan suporter Persija, tidak diizinkan datang. Artinya, hanya Bonek Mania atau pendukung Persebaya yang diperbolehkan hadir dalam laga tersebut.

Situasi tersebut mengacu pada kondisi liga atau turnamen lain ketika mempertemukan dua tim dengan rivalitas suporter cukup tinggi, suporter tim tamu tidak boleh hadir. Seperti halnya Persebaya dan Arema, ketika digelar di kandang Persebaya, Aremania diharapkan untuk tidak hadir begitu juga sebaliknya.

"Sama dengan halnya Persija, ketika pertandingan ini di home-nya Persebaya kami berharap the Jakmania tidak hadir dalam stadion. Ini untuk kepentingan semuanya," kata Amir.

Laga final Piala Gubernur Jatim mempertemukan Persebaya melawan Persija. Keduanya bersua setelah Persija sukses menundukkan Madura United di semifinal dengan skor 2-1 di Stadion Kanjuruhan Malang, Senin (17/2). Sementara, Persebaya yang bermain satu hari sesudahnya, berhasil mengalahkan Arema FC 4-2 di Stadion Supriadi, Blitar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement