Rabu 19 Feb 2020 23:10 WIB

Pengalaman Mourinho di Eropa, Modal Penting Bagi Spurs

Pengalaman Mourinho di Liga Champions tentu jadi modal penting bagi Spurs.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Didi Purwadi
Jose Mourinho
Foto: Tess Derry/PA via AP
Jose Mourinho

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Tottenham Hotspur akan menjamu tamunya asal Jerman, RB Leipzig, di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Tuan rumah Spurs punya modal penting pada diri sang pelatih, Jose Mourinho, yang berpengalaman di kancah Liga Champions.

Pengalaman Mourinho di Liga Champions tentu jadi modal penting bagi Spurs menjamu Leipzig. The Special One pernah membawa klub Portugal, Porto, menjuarai Liga Champions 2003-2004.

Pada 2010, Mourinho juga sukses membawa Inter Milan juarai kompetisi tertinggi antar klub di Eropa tersebut. Mourinho saat itu sukses mengalahkan wakil Jerman, Bayern Muenchen, dengan skor 2-0.

Mourinho pun mencatatkan sejarah menjadi pelatih ketiga yang mampu merebut gelar juara Eropa bersama dua klub berbeda. Sebelumnya ada Ernst Happel dan Ottmar Hitzfeld. Happel membawa Feyenoord juara Piala Champions di tahun 1970 dan Hamburg SV tahun 1983. Sementara, Hitzfeld membawa Borussia Dortmund menjadi kampiun di tahun 1997 dan Bayern Muenchen di tahun 2001.

Mourinho juga membawa Inter mengawinkan gelar Liga Champions dengan trofi Liga Italia dan Coppa Italia. Saat itu hanya ada lima klub yang masuk dalam kelompok elite treble winner ini. Mereka adalah Glasgow Celtic (1967), Ajax Amsterdam (1972), PSV Eindhoven (1988), Manchester United (1999) dan Barcelona (2009).

Bersama Manchester United, Mourinho tidak kehilangan 'sentuhan dingin'-nya di kancah kompetisi Eropa. Bahkan, musim pertamanya bersama Manchester United, Mourinho langsung mempersembahkan gelar Liga Europa 2017.

MU mengalahkan Ajax Amsterdam 2-0 di partai final pada 24 Mei 2017. Beberapa hari sebelum laga puncak tersebut, Kota Manchester diguncang bom bunuh diri.

Mou berharap kemenangan itu bisa membuat suasana kota Manchester setidaknya sedikit lebih bahagia. ''Apakah piala ini membuat kota Manchester sedikit lebih bahagia? Mungkin, tapi kita baru saja melakukan tugas kita," kata Mourinho saat itu.

Kini Tottenham Hotspur yang berharap pada pengalaman Mourinho di kancah Eropa tersebut. Apakah pengalaman Mourinho bisa membawa Spurs melewati hadangan Leipzig? Waktu yang akan menjawabnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement