Senin 24 Feb 2020 22:46 WIB

Valencia akan Berikan Penghormatan untuk David Villa

David Villa membela Valencia dari 2005 sampai 2010.

Rep: Febrian Fachri / Red: Israr Itah
David Villa akan mendapatkan penghormatan dari mantan klubnya Valencia.
Foto: EPA/Thais Llorca
David Villa akan mendapatkan penghormatan dari mantan klubnya Valencia.

REPUBLIKA.CO.ID, VALENCIA -- David Villa memang sudah pergi meninggalkan Valencia sejak 10 tahun lalu. Villa membela Valencia dari 2005 sampai 2010. Villa hengkang dari Mestalla karena tak kuasa menolak pinangan Barcelona yang ketika itu sedang berevolusi di bawah pelatih jenius Pep Guardiola.

Tapi ternyata Valencia tidak melupakan begitu saja jasa El Guaje. Pada Sabtu (29/2) nanti, EL Che akan memberikan penghormatan khusus buat Villa di Mestalla. Saat itu juga bertepatan dengan pertandingan lanjutan La Liga antara Valencia menjamu Real Betis.

Baca Juga

"Valencia akan memberikan penghormatan kepada David Villa pada pertandingan hari Sabtu dengan Real Betis di Mestalla," begitu laporan dari Marca, Senin (24/2).

Villa mencatatkan 22 penampilan buat Valencia di berbagai ajang. Top skorer sepanjang masa timnas Spanyol itu menorehkan sebanyak 129 gol buat Si Kelelawar Mestalla. Torehan tersebut menjadikan Villa sebagai salah satu legenda Valencia. Gelar yang berhasil dipersembahkan Villa buat Valencia ialah juara Copa Del Rey musim 2007-2008. Selama berbaju Valencia, Villa menjadi top skorer klub untuk musim 2005–06, 2006–07, 2007–08, 2008–09, dan 2009–10. Pada musim 2006-2007, Villa juga berhasil menggondol gelar top assist La Liga.

Masih mengutip laporan dari Marca, akhir pekan nanti sepertinya tidak semua penggemar Valencia senang dengan persembahan khusus yang akan diberikan klub kesayangan mereka kepada Villa. Sejumlah fan garis keras memberi cap Villa sebagai pemain tidak setia karena hengkang ke klub rival yakni Barcelona.

Villa pindah ke Barcelona pada 2010 dengan mahar 40 juta euro. Ketika itu Villa sedang berada di dalam puncak performa sehingga penggemar begitu menyayanginya sebagai ikon klub.

Hanya tiga tahun bersama Barcelona, Villa tak lantas kembali ke Valencia. Villa yang saat itu mulai menurun memilih hengkang ke Ibu Kota Spanyol bersama Atletico Madrid. Atletico menjadi klub Eropa terakhir yang dibela Villa. 

Sejak 2014, Villa berpetualang ke benua lain. Selama 2014-2018, Villa membela klub MLS New York City. Di sana ia sempat dipinjamkan ke klub Australia Melbourne City. Terakhir Villa membela Vissel Kobe di Liga Jepang. Villa mengumumkan pensiun pada November 2019 lalu setelah kontraknya habis bersama Kobe. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement