Jumat 28 Feb 2020 18:48 WIB

Ini 3 Klub Besar Eropa yang Gagal ke 16 Besar Liga Europa

Benfica, Ajax Amsterdam, dan Arsenal gagal melangkah jauh musim ini.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Logo Liga Europa.
Foto: www.boburst.com
Logo Liga Europa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rangkaian pertandingan babak 32 besar Liga Europa menyisahkan cerita pilu bagi tim besar yang digadang-gadang akan melaju lebih jauh. Namun sebaliknya, ketiganya justru harus tersingkir lebih awal.

Ada tiga besar Eropa yang gagal tembus ke babak 16 besar Liga Europa, yakni Benfica, Ajax Amsterdam, dan Arsenal. Dilansir dari Sportskeeda, Jumat (28/2), Benfica harus tertunduk lesu ketika peluit panjang ditiup wasit.

Baca Juga

Benfica disingkirkan Shakhtar Donetsk di hadapan pendukungnya sendiri. Karena dalam pertandingan yang berlangsung di Da Luz, Benfica hanya bermain imbang 3-3. Sehingga Benfica kalah agregat gol 4-5 karena pada leg pertama kalah 1-2 di kandang Shakhtar.

Meski berstatus sebagai tim paling sukses di Portugal, Benfica gagal mencapai puncak kesuksesan di pentas Eropa. Benfica telah berkompetisi di Liga Champions selama dekade terakhir namun setiap tahunnya hampir tak ada kemajuan. Begitu juga di Liga Europa musim ini yang harus tersingkir lebih cepat.

Tim besar lain yang tersingkir lebih awal adalah Ajax Amsterdam. Meski berhasil mengalahkan Getafe 2-1 di Johan Cruyff Arena, Ajax tetap tersingkir karena kalah agregat gol 2-3. Ini adalah hasil memilukan bagi pasukan Erik ten Hag. Pasalnya, musim lalu, Ajax tampil luar biasa di Liga Champions dengan lolos hingga babak semifinal.

Kepergian beberapa pemain Ajax, seperti Matthijs de Ligt dan Frenkie de Jong, rupanya mempengaruhi kinerja Ajax di kompetisi Eropa musim ini. Tim asal Belanda itu tak lagi superior sebagaimana yang ditunjukkan musim lalu.

Arsenal melengkapi tim besar yang gagal melangkah lebih jauh. The Gunners tersingkir di hadapan pendukungnya sendiri setelah kalah 1-2 dari tamunya, Olympiakos. Banyak yang menjagokan Arsenal lolos ke babak 16 besar karena the Gunners adalah semifinalis Piala Eropa dua musim lalu dan finalis musim lalu.

Bahkan banyak yang mengira Aubameyang dan kawan-kawan akan melangkah mudah ke babak berikutnya karena belum kehilangan satu pertandingan pun tahun ini. Tapi Olympiakos menghadirkan cerita berbeda. Tim asal Yunani itu menghadirkan kekalahan pertama Arsenal tahun ini. Arsenal juga menjadi tim Inggris pertama yang tersingkir dari kompetisi Eropa musim ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement