Sabtu 29 Feb 2020 20:31 WIB

Ini Lima Sejarah Penting Derbi D'Italia, Juventus Vs Inter

Laga ini memiliki sejarah perseteruan panjang dan sarat gengsi di Italia.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Juventus Vs Inter Milan
Foto: 168sdbet.com
Juventus Vs Inter Milan

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Pekan ke-26 Serie A Liga Italia akan menyajikan pertandingan besar antara Juventus versus Inter Milan atau Derbi D'Italia, di Allianz Stadium, Turin, Senin (2/3) dini hari WIB. Laga ini memiliki sejarah perseteruan panjang dan sarat gengsi di Italia.

Sebelum menyaksikan pertandingan tersebut, berikut lima sejarah Juventus versus Inter Milan yang penting diketahui dilansir dari laman resmi Inter Milan, Sabtu (29/2).

Baca Juga

Pertama, bentrok pertama kali antara Juventus versus Inter terjadi pada 1909 di divisi pertama. Saat itu, pertandingan digelar di Turin pada 14 November 1909 yang berakhir untuk kemenangan Bianconeri 2-0 berkat dua gol Borel.

Pada 14 hari kemudian, tepatnya 28 November 1909, Inter membalas kekalahan tersebut dengan skor 1-0 melalui gol Oscar Engler, di Arena Civica, Milan. Kemenangan yang penting bagi Inter karena memuluskannya meraih scudetto Serie A pertama Nerazzuri musim 1909/1910.

Pertandingan besok hanya berselang 18 hari peringatan ke-90 pertandingan round-robin pertama Serie A antara Juventus versus Inter pada 19 Maret 1930. Bentrok bersejarah itu dimenangkan oleh Inter dengan skor 2-1 berkat dua gol yang dicetak Giuseppe Meazza dan Umberto Visentin.

Kedua adalah terdapat tiga top skorer dalam sejarah pertemuan kedua tim. Yakni Giuseppe Meazza, Omar Sivori, dan Roberto Boninsegna. Dari tiga pemain tersebut 12 gol tercipta dalam derbi Italia sebelum lahirnya Perang Dunia I.

Sejarah penting yang ketiga adalah tentang kemenangan terbesar kedua tim di derbi Italia. Juventus meraih kemenangan terbesar atas skuat muda Inter 9-1. Saat itu Sandro Mazzola mencetak gol pertamanya untuk Inter.

Sedangkan, Inter meraih kemenangan terbesarnya 6-0 pada 4 April 1954. Skoglund dan Brighenti masing-masing mencetak dua gol Inter dan dua gol lainnya dicetak Armano dan Nesti. Kemenangan tersebut sangat bersejarah karena menentukan gelar scudetto yang hanya selisih satu poin dengan Juventus.

Keempat, Juventus dan Inter telah bertemu tiga kali di Turin dalam perebutan trofi. Pada 1959 dan 1965, Juventus meraih meraih kemenangan dan merebut Copa Italia. Sedangkan, Inter merebut Piala Super Italia pada 2005 setelah mengalahkan Juventus 1-0 lewat gol Sebastian Veron.

Kelima, sejak Stadion Juventus (sekarang Allianz) dibuka pada 8 September 2011, Si Nyonya Tua tak terkalahkan selama lebih satu tahun. Namun pada 3 November 2012, Inter menjadi tim pertama yang meraih kemenangan di sana dengan skor 3-1. Tiga gol Inter dicetak oleh Palacio dan dua gol Diego Milito.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement