Ahad 01 Mar 2020 06:30 WIB

Ini Pertandingan Olahraga Dunia yang Terdampak Virus Corona

Pertandingan Liga Champions Asia yang melibatkan klub-klub China ditunda.

Rep: Fitrianto/ Red: Muhammad Fakhruddin
Seorang pemain bola dari klub Pianese Serie C Liga Italia positif terinfeksi corona (Foto: ilustrasi pemain bola)
Foto: Piqsels
Seorang pemain bola dari klub Pianese Serie C Liga Italia positif terinfeksi corona (Foto: ilustrasi pemain bola)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Dampak Virus Korano terus menyebar ke seluruh dunia. Bidang olahraga adalah salah satu yang paling terdampak. Berikut ini adalah daftar acara olahraga internasional yang terkena dampak wabah virus korona.

 ATLETIK

 * Kejuaraan Dunia Atletik Dunia, dijadwalkan digelar Nanjing, China dari 13-15 Maret, ditunda hingga tahun depan.  World Athletics bekerja dengan panitia pada tanggal untuk menjadi tuan rumah acara dua tahunan pada 2021.

 * Acara kualifikasi triathlon Olimpiade campuran yang akan diadakan di kota Chengdu Cina pada bulan Mei dipindahkan ke Valencia di Spanyol, kata International Triathlon Union.

Tiga acara Piala Asia, satu di Taiwan dan dua di Cina, dijadwalkan untuk Maret dan April juga telah ditunda.

 RUGBY

Irandia Rugby Football Union telah menunda pertandingan Enam Negara di negara itu melawan Italia karena wabah virus di Italia utara.  Pertandingan itu dijadwalkan berlangsung di Dublin pada 7 Maret.

 SEPAK BOLA

 * Pertandingan Serie A Italia akan dimainkan secara tertutup di area yang terkena dampak wabah virus corona setelah pemerintah menyetujui permintaan dari federasi sepakbola negara tersebut.

 * Liga sepak bola Swiss (SFL) telah membatalkan pertandingan yang dijadwalkan mulai 28 Februari - 1 Maret setelah pemerintah melarang acara besar yang diperkirakan akan menarik lebih dari 1.000 orang.

 * Pertandingan Liga Champions Asia yang melibatkan klub-klub China Guangzhou Evergrande, Shanghai Shenhua dan Shanghai SIPG ditunda.

 Klub Guangzhou dan Shanghai akan bergabung dengan kompetisi pada bulan April, dengan pertandingan grup mereka yang akan dimainkan pada bulan Mei.

Shanghai Shenhua dan Shanghai SIPG dijadwalkan bertanding di Perth Glory dan Sydney FC tetapi pejabat Australia berusaha menjadwal ulang pertandingan setelah pemerintah mereka memberlakukan larangan perjalanan terhadap warga negara asing yang datang dari China.

 * Kualifikasi Piala Dunia 2022 China melawan Maladewa di kandang dan melawan Guam dalam partai tandang di bulan Maret akan dipindahkan ke Buriram, Thailand.  Permainan akan dimainkan secara tertutup, seperti yang diminta oleh pemerintah Thailand.

 * Vietnam mengatakan akan mengizinkan pertandingan olahraga diselenggarakan pada bulan Februari, yang berarti pertandingan kandang babak grup Piala AFC untuk Kota Ho Chi Minh dan Than Quang Ninh akan dialihkan ke pertandingan tandang.

 * Asosiasi Sepak Bola Cina mengatakan pertandingan domestik di semua level akan ditunda.

 * AFC mengatakan pertandingan tahap awal Zona Timur Piala AFC 2020 ditunda dua bulan untuk dimulai kembali pada 7 April karena pembatasan perjalanan.

 * AFC mengatakan sedang mencari tanggal alternatif untuk pertandingan playoff kualifikasi Olimpiade antara China dan Korea Selatan yang dijadwalkan akan dimainkan pada 6 dan 11 Maret.

 * Liga sepak bola profesional Korea Selatan telah menunda dimulainya musim barunya.  Liga juga meminta empat timnya di Liga Champions AFC untuk mengadakan pertandingan secara tertutup.

 * Liga J Jepang menunda tujuh pertandingan Piala Levian yang dijadwalkan 26 Februari dan semua pertandingan domestik hingga paruh pertama Maret.

 FORMULA SATU

 * Grand Prix Cina di Shanghai yang ditetapkan untuk 19 April telah ditunda oleh badan pengatur FIA dan Formula Satu.

Pihak berwenang akan mempertimbangkan kemungkinan tanggal alternatif akhir tahun ini.

 FORMULA E

 * Seri balap motor Formula E yang menggunakan mobil listrik, meninggalkan rencana untuk balapan di Sanya, di pulau Hainan China, pada 21 Maret.

 TENIS

 * Federasi Tenis Internasional memindahkan acara Piala I Asia / Oseania Grup I yang menampilkan China, Taiwan, Indonesia, Korea Selatan, dan Uzbekistan keluar dari kota Dongguan di Cina ke Nur-Sultan (sebelumnya Astana) di Kazakhstan.

Tetapi acara 4-8 Februari kemudian ditunda juga setelah Kazakhstan menolak untuk melayani sebagai tuan rumah pengganti.

 * China kehilangan tempat di Piala Davis karena tim putra tidak dapat melakukan perjalanan ke Rumania untuk pertandingan playoff 6-7 Maret.

 * Turnamen tenis Xi’an Terbuka putri, dijadwalkan 13-19 April, dibatalkan dan WTA mengatakan sedang memantau situasi dengan beberapa acara yang dijadwalkan berlangsung di Cina pada paruh kedua musim.

 TENIS MEJA

 * Kejuaraan dunia yang akan diadakan di Busan, Korea Selatan, dari 22-29 Maret telah didorong mundur untuk sementara hingga 21-28 Juni.

 BULU TANGKIS

 * Jerman Terbuka 2020, yang akan diadakan di Muelheim an der Ruhr dari 3-8 Maret dan merupakan kualifikasi Olimpiade, telah dibatalkan, kata Federasi Bulu Tangkis Dunia.

Polandia Terbuka 2020, kualifikasi Olimpiade lainnya yang dijadwalkan akan diadakan di Krakow dari 26-29 Maret telah ditunda dan sekarang akan berada di luar periode kualifikasi Olimpiade, kata Asosiasi Bulutangkis Polandia.

 * Turnamen China Masters 25 Februari - 1 Maret di Hainan ditunda setelah beberapa pemain mengundurkan diri.

 BWF mengatakan mereka berharap Kejuaraan Bulutangkis Asia unggulan masih bisa berlanjut di Wuhan mulai 21-26 April.

 * Vietnam internasional Challenge telah dikembalikan dari bulan Maret hingga Juni oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia dan tidak akan lagi berfungsi sebagai acara kualifikasi untuk Olimpiade Tokyo. Semula Turnamen ini akan berlangsung mulai 24 hingga 29 Maret.

Speed Skating

 * International Skating Union (ISU) telah menunda tanpa batas kejuaraan dunia skating kecepatan pendek bulan depan di Korea Selatan.

Badan yang memerintah mengatakan acara 13-15 Maret di Seoul tidak dapat dipentaskan pada tanggal yang direncanakan dan "perkembangan dunia yang tidak pasti" dari virus dan masalah logistik telah membuatnya sulit untuk mengumumkan tanggal baru atau memindahkannya.

 TINJU

 * Komite Olimpiade Internasional mengumumkan Jordania yang semula ditunjuk sebagai tuan rumah kualifikasi tinju untuk Asia dan Oseania setelah sebuah acara di Wuhan juga dibatalkan. Sekarang acara akan berlangsung di Amman dari 3 hingga 11 Maret.

 GOLF

 * Tur golf wanita LPGA membatalkan turnamen Blue Bay 5-8 Maret yang akan diadakan di Hainan.

Tur ini juga membatalkan acara Honda LPGA Thailand di Pattaya dan Kejuaraan Dunia Wanita HSBC di Singapura.

 * Kejuaraan Amatir Asia-Pasifik Wanita di Pattaya, Thailand telah dijadwalkan kembali untuk 7-10 Oktober.

 * PGA Tour Series-China menunda dua turnamen kualifikasi dan menunda dimulainya kampanye 2020 dua bulan, memotong jumlah turnamen musim reguler menjadi 10 dari 14.

 * Tur Eropa mengatakan Kejuaraan Maybank (16-19 April di Kuala Lumpur) dan Volvo China Open (23-26 April di Shenzhen) telah ditunda.

 HOKI

 * Pertandingan Liga Pro antara China dan Australia, dijadwalkan pada 14-15 Maret di Changzhou, tidak akan dimainkan.

 BOLA VOLI

 * Turnamen bola voli pantai, yang akan diselenggarakan mulai 22-26 April di Yangzhou, telah ditunda hingga setelah Olimpiade Tokyo 2020.

 ANGKAT BERAT

 * Kejuaraan angkat besi Asia telah dipindahkan dari Kazakhstan ke Uzbekistan.  Kompetisi, yang dijadwalkan 16-25 April, akan diselenggarakan di Tashkent.

SEPEDA

 * Dua tahap terakhir dari Tur UEA dibatalkan setelah dua peserta Italia dinyatakan positif virus corona.

 Tes pada 167 orang di acara tersebut terbukti negatif untuk virus corona setelah mereka dikhawatirkan terkena kasus yang terinfeksi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement