Ahad 08 Mar 2020 23:05 WIB

Genoa Permalukan Milan di San Siro

Milan takluk 1-2 dari Genoa dalam lanjutan Liga Italia.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Penyerang AC Milan Zlatan Ibrahimovic (tengah) diapit dua pemain Genoa dalam laga Liga Italia di San Siro, Ahad (8/3). Ibrahimovic mencetak gol ke gawang Genoa, tapi Milan tetap kalah 1-2.
Foto: EPA-EFE/MATTEO BAZZI
Penyerang AC Milan Zlatan Ibrahimovic (tengah) diapit dua pemain Genoa dalam laga Liga Italia di San Siro, Ahad (8/3). Ibrahimovic mencetak gol ke gawang Genoa, tapi Milan tetap kalah 1-2.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Tuan rumah AC Milan dipaksa menyerah 1-2 dari tamunya Genoa pada laga pekan ke-26 A Liga Italia 2019/2020 yang berlangsung di Stadio San Siro, Ahad (8/3) malam WIB. Dua gol Cagliari dicetak pada babak pertama melalui Goran Pandev dan Francesco Cassata. Gol balasan Milan datang dari striker gaek Zlatan Ibrahimovic pada babak kedua.

Upaya Milan untuk memangkas jarak dari zona Eropa kali ini kembali tertahan. Hasilnya, klub asal kota mode Italia sementara berada di posisi tujuh klasemen dengan perolehan angka 36. Milan masih terpaut 11 angka dari peringkat empat yang dihuni Atalanta.

Baca Juga

Sedangkan kemenangan ini sangat krusial bagi Genoa. Berkat raihan tiga angka mereka berhasil keluar dari zona degradasi dan menduduki peringkat ke-17 dengan nilai 25.

Jalannya laga

Tuan rumah kembali menurunkan permainan 4-2-3-1 dengan mengandalkan striker Zlatan Ibrahimovic sebagai mesin gol i Rossoneri. Buktinya, pada menit keenam Ibrahimovic mampu membuka peluang dengan melakukan umpan matang kepada Hakan Calhanoglu. Sayang, tembakan Calhanoglu dari luar kotak penalti masih bisa diblik kiper Genoa, Mattia Perin.

Akan tetapi, Genoa mampu unggul lebih dahulu semenit kemudian. Gol terjadi dari sisi sebelah kiri pertahanan setelah Theo Hernandez kalah dalam duel melawan Antonio Sanabria.

Sanabria yang berhasil lolos dari kawalan Hernandez langsung melepas umpan mendatar ke tengah yang langsung di eksekusi lewat tendangan Goran Pandev. Kiper Asmir Begovic gagal mengamankan gawangnya dan skor 1-0 untuk keunggulan i Grifone. Pada menit ke-14, Pandev hampir menggandakan skor,  tapi bola masih bisa diblok pemain tengah Milan Ismael Bennacer.

Tiga menit berselang, ganti i Rossoneri mendapatkan peluang bagus. Tandukan Ibrahimovic memanfaatkan umpan silang Hakan Calhanoglu bisa diselamatkan oleh Perin, yang tampil gemilang sejauh ini.

Pada menit ke-20 gantian giliran Calhanoglu yang menerima umpan terobosan Ibra. Sayang, tembakan pemain asal Turki lagi-lagi masih dengan mudah mendarat ke pelukan Perin.

Milan sejatinya tampil jauh lebih mendominasi dengan penguasaan bola 65 persen berbanding 35 persen milik Genoa. Sayang usaha itu masih belum menghasilkan gol bagi anak asuh Stefano Pioli.

Frustrasi karena gagal merobek gawang Genoa, Milan terpaksa kembali tertinggal dua gol oleh tamunya. Pada menit ke-41, Genoa kembali memaksa Begovic memungut bola untuk kali kedua dari gawangnya. Berawal dari umpan Davide Biraschi ke kotak penalti, Lasse Schone menyentuh bola dengan tumit yang kemudian diselesaikan oleh Francesco Cassata. Skor 2-0 pun bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua tak ada yang berbeda dari permainan Milan. I Diavolo Rosso masih terus mengepung permainan Genoa. Hanya, rapatnya barisan pertahanan anak asuh Davide Nicola masih sulit ditembus Ibrahimovic cs.

Rotasi dilakukan Pioli untuk menambah irama permainan lini tengah Iblis Merah. Calhanoglu ditarik keluar dan digantikan dengan Giacomo Bonaventura, sedangkan Rafael Leao masuk menggantikan Ante Rebic yang tampil kurang memuaskan kali ini.

Upaya tersebut berbuah hasil pada menit ke-77 Ibrahimovic berhasil menambah pundi golnya setelah berhasil merobek gawang Genoa. Berawal dari tendangan sudut yang mengarah ke Andrea Conti langsung melepaskan tembakan. Bola yang membentur badan pemain Genoa, mendarat tepat di kaki Ibra yang langsung melakukan tembakan dengan kaki kirinya di dalam kotak penalti. Skor 1-2 pun bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement