Senin 09 Mar 2020 06:12 WIB

Taklukkan Man City, MU Tampil Efektif

MU mengalahkan Man City 2-0 di Old Trafford.

Scott McTominay menyumbang satu gol saat MU mengalahkan Man City 2-0 di Old Trafford, Senin DInihari.
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Scott McTominay menyumbang satu gol saat MU mengalahkan Man City 2-0 di Old Trafford, Senin DInihari.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER --  Manchester United (MU) tampil efektif setelah berhasil mengalahkan rival sekota, Manchester City, 2-0 pada laga ke-29 Liga Primer Inggris 2019/2020 di Stadion Old Trafford, Ahad (8/3) malam WIB. Dua gol Setan Merah dicetak striker asal Prancis Anthony Martial pada menit ke-30 dan pemain pengganti--Scott McTominay--pada menit ke-90+6. Praktis, hasil itu membuat MU kian mantap di zona Eropa.

Untuk sementara MU tetap berada di posisi lima dengan mengantongi delapan imbang dan sembilan kalah. Mereka hanya terpaut tiga poin atas Chelsea yang berada di posisi keempat atau zona Liga Champions. Sementara itu, untuk City kekalahan ini tentu menyakitkan karena mereka gagal menjaga jarak dari rival terdekat, Leicester City. Meski demikian, Manchester Biru masih berada di kursi kedua dengan raihan nilai 57.

Usaha awal the Citizen hadir melalui striker sayap Raheem Sterling pada menit ke-10. Mendapat umpan matang Phil Foden, Sterling langsung menyisir pinggir lapangan sebelah kanan gawang MU. Striker asal Inggris itu pun dengan cepat melepaskan tembakan melalui kaki kanan dari arah sebelah kiri. Sayang, arah bola masih dapat ditebak kiper David De Gea.

Giliran MU membalas enam menit berselang. Melalui skema serangan balik, Daniel James mencoba peruntungan dengan melepas tembakan dari sebelah kanan kotak 16 pas. Namun, arah bola dapat diantisipasi dengan baik oleh bek City. Kehadiran Bruno Fernandes sangat terasa dalam irama permainan lini tengah Setan Merah. Peluang MU kembali hadir pada menit ke-22. Gelandang asal Portugal tersebut memberikan umpan lambung pada Anthony Martial yang langsung melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti lawan.

Namun, sayang, lagi-lagi usaha keras MU masih mampu diantisipasi oleh bek City, Nicolas Otamendi. Bola hasil tendangan Martial diblok dengan mudah olehnya. Publik tuan rumah bergemuruh setelah penyerang asal Prancis itu sukses menyarangkan bola ke gawang City yang dikawal kiper Ederson Moraes. Tepatnya pada menit ke-30, Martial sementara membawa the Red Devils unggul atas tamunya.

Berawal dari tendangan bebas Fernandes, Martial mampu memanfaatkan situasi dengan baik. Ia pun melepaskan tembakan menyusur tanah. Ederson pun tak mampu mengantisipasi dengan baik laju bola. Skor 1-0 untuk MU. Sepanjaga laga, City mampu menguasai jalannya permainan dengan total penguasaan bola 70 persen, berbanding 30 persen milik MU. Namun, rapatnya barisan pertahanan anak asuh Ole Gunnar Solskjaer belum mampu diruntuhkan oleh Manchester Biru.

MU juga dianggap lebih efektif merujuk pada jumlah peluang yang mereka ukir. Sejauh 45 menit laga berjalan, Si Merah sukses melepaskan empat tembakan dengan satu tembakan berujung gol. Hingga peluit turun minum berbunyi, skor 1-0 masih tertahan. 

Memasuki paruh kedua, permainan tak jauh berbeda. City masih mendominasi jalannya laga. Kubu tamu bersorak ketika Kun Aguero berhasil melesakkan bola ke dalam gawang David De Gea pada menit ke-48. Namun, Aguero dianggap sudah lebih dahulu offside sebelum menerima umpan terobosan dari Sterling. Lewat bantuan VAR, wasit pun menganulir gol tersebut.

Beberapa menit berselang, Ederson hampir saja membuat kesalahan fatal. Menerima back pass Joao Cancelo, Ederson yang mencoba mengontrol bola langsung dihadang dengan cepat oleh Martial. Beruntung, kiper asal Brasil itu masih bisa melepaskan bola ke depan. Martial pun sempat mendapat perawatan atas insiden benturan dengan Ederson.

City terus mengembangkan permainan melalui pinggir lapangan. Tak jarang dua bek sayap, Cancelo dan Zinchenko, naik membantu serangan.

Upaya the Eastland pada menit ke-58 lewat winger kanan Phil Foden hampir berbuah hasil. Tembakan kerasnya masih bisa ditepis ke atas mistar gawang oleh De Gea. Kedudukan masih bertahan 0-1 untuk MU. Pelatih

Josep Guardiola melakukan pergantian pemain, Bernardo Silva serta Aguero terpaksa ditarik keluar dan digantikan oleh Riyad Mahrez serta Gabriel Jesus.

Hingga memasuki menit ke-65 belum ada hasil positif dari upaya pergantian pemain the Citizen. Justru tuan rumah hampir menggandakan kedudukan lewat serangan balik cepat melalui Daniel James. Pada menit ke-69, James yang mendapat bola langsung lari dari tengah lapangan dan melepaskan tembakan dari sudut kiri gawang City. Namun, kali ini Ederson dengan tegas mampu memuntahkan bola ke luar lapangan.

Pada situasi tersebut, Fernandes terlihat kesal karena James tidak memberikan umpan kepadanya, padahal posisi eks pemain Sampdoria dan Sporting Lisbon itu bebas dari kawalan. Giliran Solskjaer merotasi pemainnya. Pada menit ke-78, dua pemain sekaligus, Scott McTominay dan Eric Bailly, masuk menggantikan Martial dan Brandon Williams. Upaya Iblis Merah ini bertujuan lebih memperkokoh area belakang.

Ide Solskjaer berjalan mulus. MU akhirnya berhasil menggandakan keunggulan lewat gelandang tengah McTominay. Tembakan keras kaki kanannya memaksa Moraes memungut bola untuk kali kedua. Hingga peluit panjang berbunyi, MU pun berhasil menutup kemenangan 2-0 atas saudara sekotanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement