Selasa 17 Mar 2020 20:21 WIB

Corona Buat Laga Sisa Final Liga Basket Australia Dihentikan

Untuk sementara juara bertahan NBL Australia musim lalu Perth Wildcats unggul 2-1.

Rep: Fitriyanto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Ilustrasi virus corona dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat.(CDC via AP, File)
Foto: CDC via AP, File
Ilustrasi virus corona dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat.(CDC via AP, File)

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Dua pertandingan terakhir dari seri grand final Liga Basket Nasional Australia telah dihentikan. Ini membuat pemenang kejuaraan basket tertinggi di Negeri Kanguru ini belum dapat ditentukan.

Untuk sementara juara bertahan NBL Australia musim lalu Perth Wildcats unggul 2-1 atas Sydney Kings. NBL Australia Finals menggunakan format best-of-five, dimana tim yang meraih tiga kemenangan terlebih dahulu dinyatakan sebagai pemenang.

Pertandingan kedua dan ketiga sebelumnya dimainkan di stadion kosong tanpa penonton karena penyebaran virus corona.  Pertandingan keempat dijadwalkan Jumat malam di Perth, tetapi para pemain Sydney Kings enggan bepergian di tengah ketidakpastian ketika virus itu menyebar dan spekulasi masa karantina untuk semua orang yang tiba di negara bagian Australia Barat.

Pemilik NBL Australia, Larry Kestelman mengeluarkan pernyataan yang mengatakan penyelenggara sekarang akan mempertimbangkan keputusan tentang hasil kejuaraan selama 48 jam ke depan.

''Kami menghormati keputusan dalam waktu yang luar biasa bagi semua orang. Kami memahami tidak hanya kesehatan dan kesejahteraan para pemain tetapi juga keinginan mereka untuk bersama keluarga mereka, terutama mengingat begitu banyak dari mereka memiliki keluarga di luar negeri." Seperti dilansir dari laman yahoosports, Selasa (17/3).

Sydney Kings memimpin musim reguler dari babak pertama hingga terakhir, tetapi Wildcats memenangkan pertandingan 1 dan 3 dari seri grand final dan bisa merebut gelar di kandang dengan kemenangan pada Jumat malam.

Australian Associated Press menggambarkan akhir yang tiba-tiba itu sebagai 'kesimpulan yang aneh untuk musim yang paling sukses di liga, berkat kehadiran para pebasket kandidat NBA, LaMelo Ball, RJ Hampton dan Didi Louzada, membuat rekor jumlah penonton baik di stadion maupun online. ''

Pelatih Sydney Kings Will Weaver mengatakan relevansi kompetisi "sangat berkurang" oleh pandemi.

''Tidak boleh sembrono, tapi itu tidak masalah bagi kami dalam skema hal, '' kata Weaver dalam menanggapi pertanyaan tentang proses penentuan juara.

''Secara pribadi saya akan rela mengambil risiko banyak untuk memiliki kesempatan untuk bersaing dan memenangkan kejuaraan dan tahu itulah pandangan dari setiap pemain kami,'' katanya. 

''Tapi saya bangga bahwa keputusan itu dibuat untuk mencerminkan fakta bahwa keinginan kompetitif kita baik dan benar-benar sekunder.'' Tambah dia.

Hingga kini lebih dari 182.000 orang telah terinfeksi dan 7.100 tewas dalam pandemi virus corona.  Penyakit COVID-19 menyebabkan gejala ringan atau sedang pada kebanyakan orang, tetapi gejala yang parah lebih mungkin terjadi pada orang tua atau orang dengan masalah kesehatan yang ada.  Lebih dari 79.000 orang telah pulih darinya sejauh ini, sebagian besar di China.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement