Rabu 18 Mar 2020 06:41 WIB

Kala Pesepak Bola Melawan Corona

Beragam cara dilakukan mulai penggalangan dana atau pun tindakan lainnya.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Cristiano Ronaldo(Alessandro Di Marco/ANSA via AP)
Foto: Alessandro Di Marco/ANSA via AP
Cristiano Ronaldo(Alessandro Di Marco/ANSA via AP)

REPUBLIKA.CO.ID, Pemain sepak bola tak lepas dari sasaran virus corona baru atau covid-19 yang kini sedang menjalar ke seluruh dunia. Beberapa sudah dinyatakan positif sehingga berdampak penghentian liga domestik untuk sementara waktu.

Meski terinfeksi virus asal Wuhan, China tersebut, para pesepak bola tak merasa kalah. Sejumlah tokoh sepak bola justru memberikan kabar tentang kondisinya pasca-dinyatakan positif terjangkit virus. Selain itu, pengolah si kulit bundar itu pun memberikan pesan kepada dunia bahwa virus tersebut harus diatasi bersama-sama.

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, adalah salah seorang insan sepak bola yang terinfeksi virus tersebut. Juru taktik klub Liga Primer Inggris itu menyatakan, kondisinya baik-baik saja dan ia mengucapkan terima kasih atas dukungan dari semua pihak.

Menurut Arteta, dunia sedang menjalani tantangan besar yang tak pernah terjadi sebelumnya. “Kesehatan semua orang adalah yang terpenting saat ini. Lindungi satu sama lain dengan mengikuti pendoman. Kita akan bahas bersama,” kata Arteta, beberapa hari setelah dinyatakan positif corona, dilansir dari BBC, awal pekan ini.

photo
Mikel Arteta - (EPA-EFE/Facundo Arrizabalaga)

Bek Juventus, Daniele Rugani, adalah pemain sepak bola di Italia yang pertama kali dinyatakan positif covid-19. Itu adalah pukulan berat baginya karena menjadi bahan pemberitaan luas di media.

Kendati demikian, Rugani juga berterima kasih kepada semua orang atas dukungannya. Ia pun menyampaikan kondisi terbarunya. "Saya baik-baik saja, saya sudah cukup baik. Saya belum memiliki gejala yang Anda baca di berita,” kata Rugani kepada Juventus TV dilansir dari Football Italia.

Rugani mengaku mendapatkan hikmah dari kejadian ini. Ia menjadi lebih sadar tentang pentingnya menjaga kesehatan. Ia pun percaya pandemi ini akan segera berakhir jika semua orang bersama-sama menanganinya.

Italia adalah salah satu negara yang cukup parah terdampak virus ini. Puluhan ribu orang telah terinfeksi dan ribuan meninggal dunia. Pemerintah setempat pun melakukan lockdown di seluruh pelosok negeri.

Ancaman pandemi ini membuat sejumlah pesepak bola aktif maupun yang sudah pensiun ikut turun gunung guna ikut memerangi virus tersebut. Beragam cara dilakukan mulai penggalangan dana atau pun tindakan lainnya.

Cristiano Ronaldo adalah bintang sepak bola aktif yang ikut peduli terhadap virus ini. Di tengah-tengah menjalani karantina di kampung halamannya, Ronaldo menyampaikan pesan kepada warga dunia lewat akun Instragram pribadinya. Ia meminta agar semua orang mengikuti pedoman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam menangani covid-19.

Gelandang Manchester United, Paul Pogba, juga turun tangan memerangi virus tersebut dengan cara menggalang dana pada hari ulang tahunnya ke-27, Ahad (15/3) lalu. Ia menargetkan dana terkumpul 27 ribu poundsterling dan akan menggandakan dari kantong pribadinya jika target tersebut tercapai. Dana tersebut akan diberikan kepada badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang mengurusi anak-anak (UNICEF) dengan tujuan membantu anak-anak korban covid-19.

photo
Alessandro Del Piero - (EPA/ Alessandro Di Marco)

Para pemain timnas Italia ketika menjuara Piala Dunia 2006 juga melakukan penggalangan dana. Hal tersebut dinyatakan oleh Alessandro Del Piero melalui video di akun Instragram pribadinya. Dalam unggahan, ia menandai pemain timnas Italia 2006 yang sudah pensiun, di antaranya Francesco Totti, Gennaro Gattuso, Luca Toni, Filipo Inzaghi, Daniel De Rossi, Fabio Cannavaro, dan Fabio Grosso.

Del Piero mengatakan rekan-rekannya akan kembali ke lapangan demi menggalang dana untuk membantu negara memerangi virus corona. “Saya harap semua menjadi bagian dari tim ini. Bersama-sama kita akan menang,” kata dia menegaskan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement