Rabu 18 Mar 2020 10:10 WIB

Euro Diundur, Koeman Tunda Latih Barcelona

Kontraknya sebagai juru taktik De Oranje juga diperpanjang hingga tahun depan.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Muhammad Akbar
Ronald Koeman
Foto: Reuters/Carl Recine
Ronald Koeman

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Pelatih tim nasional (timnas) Belanda, Ronald Koeman menyatakan akan menunda untuk melatih Barcelona karena Euro diundur hingga 2021. Sebab, kontraknya sebagai juru taktik De Oranje juga diperpanjang hingga tahun depan.

"Klausul kontrak saya adalah setelah Euro agar bisa ke Barcelona. Tidak ada tanggal yang disebut, jadi setelah Euro 2021," kata Koeman kepada Marca, dilansir Sportsmole.

Ia tak mempermasalahkan kontraknya sebagai pelatih timnas Belanda diperpanjang. Koeman juga memiliki waktu lebih panjang untuk mempersiapkan skuat, salah satunya adalah memulihkan kondisi Memphis Depay yang sedang cedera.

"Tapi saya tetap menyesal Euro tidak jadi digelar tahun ini. Kami lolos dengan catatan apik dan sedang dalam kondisi tim yang baik," ujarnya.

Koeman pun menerima keputusan UEFA terkait pengunduran Euro. Menurutnya, keselamatan lebih penting di tengah pandemik virus corona. Euro yang semula digelar pada 12 Juni-12 Juli 2020 dijadwal ulang menjadi 11 Juni-11 Juli 2021.

Di satu sisi, jika Koeman melatih Barcelona maka itu menjadi momentum pulang kampungnya. Saat masih menjadi pemain, ia menghabiskan enam tahun di Camp Nou dan mencatat 200 penampilan. Ia juga sempat menjadi asisten pelatih pada 1998-2000 sebelum melatih Ajax, Benfica, Southampton dan Everton.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement