Rabu 18 Mar 2020 18:18 WIB

Bos FIFA Usulkan Pembentukan Dana Bantuan Sepak Bola Global

Ini merupakan bentuk dukungan dunia sepak bola untuk mengatasi wabah corona.

Gianni Infantino (EPA/Walter Bieri)
Foto: EPA/Walter Bieri
Gianni Infantino (EPA/Walter Bieri)

REPUBLIKA.CO.ID, ZURICH -- Presiden Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA), Gianni Infantino, menyatakan bakal mengusulkan pembentukan Dana Bantuan Sepak Bola Global guna membantu anggota FIFA yang terdampak penyebaran virus Corona (COVID-19). Untuk itu, Infantino berharap, semua upaya ini bisa didukung seluruh pihak di komunitas sepak bola internasional.

''Saya menyarankan, adanya diskusi terkait pembentukan Dana Bantuan Sepak Bola Global, yang dapat membantu anggota komunitas sepak bola global yang terdampak oleh krisis ini. Selain itu, saya juga mendorong, untuk semua pihak membantu upaya ini,'' kata Infantino dalam pernyataan resminya, seperti dikutip Marca, Rabu (18/3).

Tidak hanya itu, secara khusus, FIFA juga akan menggelontorkan dana bantuan sebesar 10 juta dolar as untuk membantu memerangi penyebaran virus Corona. Rencananya, dana tersebut akan disumbangkan ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) lewat Dana Solidaritas COVID-19. ''Ini merupakan bentuk solidaritas proaktif dalam membantu melawan krisis virus Corona,'' ujar Infantino.

Sejauh ini, penyebaran virus Corona memang telah memberikan dampak terhadap sejumlah agenda besar FIFA pada tahun ini. Mulai dari menjadwalkan ulang penyelenggaraan Kongres Tahunan FIFA, yang sedianya bakal digelar pada 5 Juni mendatang, hingga menerima usulan penundaan gelaran Piala Eropa 2020 dan Copa America 2020 dari UEFA dan CONMEBOL.

 

FIFA, kata Infantino, akan terus berkoordinasi dan berkomunikasi dengan semua anggota federasi, terutama selama periode sulit di bawah bayang-bayang penyebaran virus Corona. ''Masa-masa menantang ini memberika kesempatan buat kami untuk bisa bekerjasama dengan lebih baik lagi. Kami akan lebih kuat dan lebih mempersiapkan diri pada masa mendatang. Ini yang saat ini tengah dilakukan FIFA,'' kata Infantino.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement