Jumat 03 Apr 2020 19:54 WIB

Muenchen Perketat Kriteria dalam Rekrut Pemain Baru

Oliver Kahn mengajukan penambahan kriteria.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Oliver Kahn (kiri).
Foto: AP Photo/Matthias Schrader
Oliver Kahn (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Bayern Muenchen akan menambah kriteria baru dalam mendatangkan pemain anyar di bursa transfer pemain. Tidak hanya soal kemampuan dan teknik mumpuni, seorang pemain harus memiliki mentalitas, disiplin, dan sikap yang tepat.

Hal ini diungkapkan anggota teranyar dewan direksi Bayern Muenchen, Oliver Kahn. Menurut mantan penjaga gawang Muenchen tersebut, kematangan mental dan kedewasaan dalam bersikap merupakan hal penting yang harus dimiliki pemain Muenchen. Bahkan, aspek ini sama pentingnya dengan kemampuan teknik. 

''Untuk bisa memainkan peran penting di tim utama Bayern, seorang pemain harus memiliki kemampuan teknik dan kematangan mental. Mentalitas juara, rasa rendah hati, dan disiplin menjadi kriteria yang harus dipenuhi seorang pemain. Aspek itu sama pentingnya dengan kualitas teknik,'' kata Kahn dalam wawancara dengan Sport Bild, Jumat (3/4) WIB.

Dengan konsep kebijakan tersebut, Departemen Pemantauan Bakat Bayern Muenchen akan menerapkan sejumlah kriteria baru dalam menyeleksi penggawa baru Die Bayern. Kriteria ini termasuk sikap pemain, baik di dalam lapangan maupun di luar lapangan. 

Sebagai contoh, tim pemantau bakat Muenchen akan melihat sikap pemain saat berhasil mencetak gol, apakah pemain tersebut merayakan golnya bersama rekan-rekan setimnya atau hanya dengan pemberi assist.

Tim pemantau bakat Muenchen juga akan melihat sikap pemain saat meninggalkan stadion dan menuju bus tim, apakah pemain itu langsung menuju ke dalam bus atau menghabiskan waktu untuk berfoto bersama fans. Bahkan, seperti dilansir Sport Bild, tim pemantau bakat Muenchen juga memantau akun media sosial pemain incaran Die Bayern. Tim pemantau bakat Muenchen ingin menilai apakah pemain tersebut bisa menggunakan akun media sosialnya dengan bijak, atau cenderung pamer dengan segala pencapain dan prestasinya. 

Kendati tetap aktif di bursa transfer, tapi Kahn menegaskan, Muenchen tidak akan meninggalkan kebijakan untuk memberikan kesempatan pada para pemain muda Muenchen. 

''Sebagai tambahan, salah satu tujuan utama kami adalah terus mengembangkan pemain-pemain muda, yang memiliki potensi besar. Kami ingin ada suksesor pemain-pemain seperti Bastian Schweinsteiger, Philipp Lahm, Thomas Müller, David Alaba, atau Toni Kroos di tim utama Muenchen,'' tutur sosok yang digadang-gadang bakal menjadi pengganti Karl Heinz-Rummenigge sebagai CEO Muenchen tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement