Kamis 09 Apr 2020 03:59 WIB

Asisten Pelatih Timnas U-19 Inisiatif Isolasi Mandiri

Nova menjalani isolasi mandiri setelah pelatih Gong Oh Kyun positif corona.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Nova Arianto
Nova Arianto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asisten pelatih tim nasional (timnas) U-19 Indonesia, Nova Arianto, menjalani isolasi mandiri di rumah setelah pelatih asal Korea Selatan (Korsel) Gong Oh Kyun dinyatakan positif terpapar virus corona (covid-19). Nova mengungkapkan terakhir kali kebersamaannya dengan sang pelatih adalah pada 13 Maret, jauh hari sebelum Oh Kyun dinyatakan positif covid-19.

Namun, sebagai langkah antisipatif, Nova tetap melakukan isolasi mandiri demi berjaga-jaga agar tidak menularkannya ke orang lain. "Saya pribadi terakhir ketemu dia (Gong Oh Kyun) tanggal 13 Maret, dari hari positif terpaparnya sih jauh, tapi saya harus tetap waspada, jadi saya lakukan isolasi mandiri di rumah. Hanya untuk berjaga-jaga saja," kata Nova saat dihubungi Republika.co.id, Selasa (7/4).

Gong Oh Kyun dinyatakan positif corona setelah melakukan tes di salah satu rumah sakit di Jakarta pada Jumat (3/4). Tidak hanya Oh Kyun yang melakukan tes saat itu, jajaran pelatih asal Korsel lainnya, yakni Shin Tae Yong, Kim Hae Woon, Kim Woo Jae, dan Lee Jae Hong turut menjalani tes. Berntung, hasil keempatnya dinyatakan negatif sehingga bisa pulang ke negara asalnya. Sesuai protokol keamanan, meski tidak mengalami gejala, Oh Kyun tetap harus menjalani isolasi di sebuah rumah sakit di Jakarta.

Adapun Nova, kini hanya beraktivitas di dalam rumah bersama keluarganya. Ia yang dipercaya untuk mendampingi Gong Oh Kyun untuk menangani timnas U-19 Indonesia itu memanfaatkan waktu luangnya selama isolasi mandiri dengan menonton rekaman video pertandingan anak asuhnya di berbagai kompetisi maupun dalam uji tanding. Hal itu dilakukan agar saat pandemi telah teratasi, pria berusia 41 tahun itu dalam keadaan siap untuk bersama-sama membenahi tim yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

"Saya melakukan analisa kira-kira apa yang harus dievaluasi dari tim, dan memastikan apakah mereka sudah bermain sesuai kehendak pelatih atau belum," kata  Nova.

Meskipun, lanjut Nova, sejauh ini tidak ada komunikasi antara staf pelatih maupun pemantauan latihan para pemain saat di rumah. Para pemain hanya disarankan untuk menjaga kebugaran fisik masing-masing dengan tetap olahraga ringan seperti push-up, pull-up, back-up, dan lari-lari kecil.

Nova mengatakan, dirinya masih menunggu arahan lebih lanjut di tengah wabah ini. "Saya masih menunggu, sejauh ini kegiatan masing-masing saja, tidak ada pemantauan latihan pemain," jelasnya.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 6 4 2 0 10 7 14
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 6 3 2 1 8 5 11
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement