Ahad 12 Apr 2020 21:51 WIB

Sepak Bola Pernah Dilarang

Raja Edward II pernah mengeluarkan larangan permainan sepak bola di Inggris Raya.

ilustrasi sepak bola. Raja Edward II mengeluarkan larangan permainan sepak bola di Inggris Raya.
Foto: www.eurosport.com
ilustrasi sepak bola. Raja Edward II mengeluarkan larangan permainan sepak bola di Inggris Raya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kompetisi Liga Primer Inggris ditunda sejak Maret lalu. Penundaan liga terus berlanjut hingga waktu yang tidak ditentukan. 

Seperti apa rasanya hidup tanpa sepak bola?

Pada 13 April 1314 silam, Raja Edward II mengeluarkan larangan permainan sepak bola di Inggris Raya. Ini merupakan pelarangan pertama permainan sepak bola yang pernah tercatat dalam sejarah. Pelarangan itu pula yang pertama kali memunculkan istilah football untuk olah raga ini.

Suara bising yang mewarnai setiap pertandingan sepak bola membuat Raja Edward II mengeluarkan titah untuk melarang permainan tersebut. “Karena mengeluarkan suara bising yang dapat menyebabkan terjadinya kejahatan (setan) yang dilarang Tuhan, kami melarang permainan ini dimainkan di kota-kota,” sebut pernyataan raja.

Larangan ini berlanjut hingga pemerintahan Raja Edward III yang menganggap bermain sepak bola, dapat mengalihkan latihan memanah yang lebih dibutuhkan dalam kondisi perang. Aturan serupa berlanjut hingga era Raja Richard II dan Henry IV.

Berkat penyair asal Inggris, William Shakespeare, permainan ini kemudian menyebar ke beberapa negara jajahan Inggris dan berkembang pesat. Saat ini, Liga Primer Inggris yang diikuti 20 klub merupakan kompetisi terbaik di dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement