Selasa 28 Apr 2020 19:19 WIB

Perusahaan Eks Pemain Madrid Ini Jual Metoda Lawan Pandemi

Perusahaan miliknya diklaim mampu menghasilkan cara melawan pandemi.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Esteban Granero (kanan) .
Foto: EPA/Lindsey Parnaby
Esteban Granero (kanan) .

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Pandemi virus corona memaksa masyarakat terisolasi di rumah sendiri untuk mengantisipasi penyebarannya. Kekhawatiran pun tidak luput di tengah pandemi ini. Namun hal berbeda dilakukan oleh mantan pemain sepak bola asal Spanyol, Esteban Granero.

Bekas calon bintang Real Madrid ini menggunakan perusahaannya yang bergerak di data sepak bola untuk melawan virus corona. "Dengan virus ini, anda akan membuat keputusan yang lebih baik jika anda tahu sebelumnya apa yang akan terjadi," kata Granero dilansir dari laman Sky Sports, Selasa (28/4).

Dengan kecerdasan buatan, lanjut Granero, peneliti dapat menyimulasikan berbagai skenario tentang apa yang kaan terjadi ketika //lockdown//. Dia pun menyebut masyarakat bisa lebih siap jika ada pandemi di masa mendatang.

"Kini tren positif covid-19 sedang menurun. Kami memperkirakan Mei akan menjadi bulan yang sangat baik, hanya jika kita menghindari kontak dengan orang," katanya.

Perusahaan data sepak bola ini dia dirikan dengan mitranya bernama Olocip. Perusahaan ini membantu klub untuk memprediksi calon pemainnya. "Kecerdasan buatan akan membantu Anda dalam membandingkan dan memprediksi kinerja pemain ini," katanya.

Berbagai klub pun telah menggunakan jasanya dan membuktikan akurasinya. Kini Granero mengungkapkan, pemerintahan lokal di Spanyol bahkan Amerika Serikat menghubunginya untuk menganalisis pandemi virus corona. "Saya tidak ingin terlihat heroik, ini adalah tanggung jawab kita karena kita memiliki alatnya. Para pahlawan yang sebenarnya adalah tim medis," kata pemain yang memperkuat Murbella di kasta kedua Liga Spanyol ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement