Jumat 01 May 2020 06:59 WIB

Pemain di Spanyol Jalani Tes Covid-19 Sebelum Berlatih

Pemerintah Spanyol memberikan dukungan bergulirnya kembali La Liga.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Latihan tim Real Madrid (ilustrasi). Para pemain di Spanyol akan menjalani tes Covid-19 sebelum kembali berlatih.
Foto: EPA-EFE/CHEMA MOYA
Latihan tim Real Madrid (ilustrasi). Para pemain di Spanyol akan menjalani tes Covid-19 sebelum kembali berlatih.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Kompetisi La Liga Spanyol menunjukkan tanda-tanda bakal bergulir lagi. Pemerintah S[anyol  memberikan dukungan demi tercapainya target tersebut.

Pada Senin (4/5), pemerintah menyetujui protokol tes covid-19 untuk para pemain. Sebab pada pekan berikutnya, tim-tim sudah mulai kembali berlatih.

Baca Juga

Pihak liga optimistis berbagai terobosan ini memungkinkan kompetisi kembali dimulai pada pertengahan Juni 2020. Meskipun, semua keputusan penyelenggara bergantung pada persetujuan Kementerian Kesehatan. Kemudian, berharap jumlah kasus corona di Negeri Matador terus menurun.

"Pertemuan gugus tugas yang digagas Dewan Olahraga Tertinggi, dihadiri oleh liga (penyelenggara), asosiasi pemain, dan perwakilan dari klub, serta sejumlah badan olahraga lainnya, menyetujui protokol di atas," demikian laporan yang dikutip dari Irish Times, Jumat (1/5).

Protokol bagian dari rencana pemerintah dalam mengurangi lockdown secara bertahap. Sebelum benar-benar sampai pada tahap terakhir, yakni bergulirnya kompetisi, semua pemain dipastikan dalam kondisi aman.

Pada fase keempat ada normalitas baru. Kemungkinan pertandingan tanpa dihadiri penonton dan tetap mengikuti sejumlah ketentuan tim kesehatan.

Pada 4 Mei nanti, atlet profesional di Spanyol, diizinkan berlatih. Pemerintah masih mengatur perizinan per provinsi. Pasalnya jumlah kasus covid-19 di 50 provinsi di negara tersebut, sangat bervariasi.

Awalnya lebih fokus ke pelatihan individu. Kemudian berkembang dalam kelompok kecil. Penyelenggara bakal memeriksa lapangan pelatihan pada Senin atau Selalu pekan depan, untuk memastikan kesiapan fasilitas tersebut, dan proses tes akan segera dilakukan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement