Jumat 08 May 2020 12:02 WIB

La Liga Finalisasi Protokol Kesehatan untuk Mulai Kompetisi

La Liga berharap dapat memutar kembali kompetisi pada Juni.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Israr Itah
La Liga Spanyol
Foto: playsarea.com
La Liga Spanyol

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Penyelenggara La Liga Spanyol sedang menyelesaikan detail final protokol kesehatan untuk bisa memulai kembali kompetisi musim 2019/2020 yang terhenti karena virus corona. La Liga berharap dapat memutar kembali kompetisi pada Juni. 

Para pemain dan pelatih klub La Liga dikabarkan sudah menjalani tes Covid-19 beberapa hari lalu untuk mengetahui  masih ada atau tidaknya kasus positif baru. Langkah ini sekaligus menentukan siapa yang diizinkan kembali berlatih. 

Baca Juga

Dalam laporan COPE yang dikutip Marca, JUmat (8/5), ada beberapa peraturan La Liga seandainya kompetisi bergulir agar dapat berjalan normal. Kepolisian dan petugas kebersihan diminta melakukan inspeksi 24 jam sebelum pertandingan. Seluruh orang yang masuk ke stadion wajib diperiksa temperatur dan hotel pemain tak boleh dimasuki siapa pun. 

Dalam aspek transportasi, hanya pesawat dan kereta sewaan yang akan dipakai skuat. Jika harus menggunakan bus, maka penumpang yang diizinkan maksimal 25 orang. 

Tim yang berlaga di kandang akan dites Covid-19, 24 jam sebelum pertandingan. Tim tandang akan melakukan hal serupa setelah yang lain selesai. Di stadion, penggunaan besi penyangga atau handrails dilarang sebelum pertandingan. Para pemain juga harus mengganti kostum setelah istirahat babak pertama. 

Konferensi pers selepas laga juga akan diatur sedemikian rupa untuk meminimalisasi risiko penyebaran virus melalui kontak langsung. Kemudian jika ada pemain yang terbukti positif virus corona, maka yang bersangkutan akan diisolasi di sebuah ruangan  sambil menunggu tindakan medis lanjutan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement