Sabtu 09 May 2020 19:45 WIB

5 Keputusan Blunder MU Lepas Pemain Terbaik (2)

Kepergian Ferguson sekaligus membuat MU kehilangan persaingan di papan atas

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Muhammad Akbar
Mantan pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson
Foto: REUTERS/Russell Cheyne
Mantan pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Berikut lima penjualan pemain yang dianggap blunder pasca kepergian Sir Alex Ferguson dikutip Manchester Evening, Sabtu (9/5) ;

3. Jonny Evans

Tidak bisa dipungkiri era kepelatihan Louis van Gaal adalah era yang dipenuhi dengan kebijakan aneh. Meski meraih Piala FA dan sukses mengorbitkan penyerang muda Marcus Rashford.

Salah satu keputusan blunder adalah melepas bek tengah Jonny Evans ke West Bromwich Albion (WBA) pada 2015 silam. Sempat dipinjamkan ke Royal Antrewp, dan Sunderland bek berusia 32 tahun ini resmi berbaju WBA pada musim panas 2015.

Faktor kesulitan bersaing dengan Rio Ferdinand dan Nemanja Vidic jadi alasan utama Evans dilepas MU. Namun, setelah kedua nama besar tersebut tak lagi berseragam MU kehilangan Evans di jantung pertahanan tim seakan menjadi bumerang bagi manajemen MU.

Kini di usianya yang telah menembus kepala tiga, Evans ternyata masih menjadi pilar utama di lini belakang Leicester City. Bahkan, pelatih Brendan Rodgers kerap menjadikannya sebagai sosok penting the Foxes.

4. Wilfried Zaha

Wilfried Zaha merupakan pemain terakhir yang jadi pemeblian Sir Alex pad 2013. Ia didatangkan dengan mahar 10 juta pounds dari Crystal Palace. Namun, kariernya tak sesuai ekspektasi, dan justru dilabeli sebagai pemaim yang gagal bersinar di Old Trafford.

Zaha sendiri hanya membuat empat penampilan untuk MU di bawah arahan juru taktik David Moyes. Padahal, sebelumnya pemain sayap tersebut di elu-elukan sebagai salah satu talenta muda terbaik asal Inggris.

Sama seperti Memphis Depay, Zaha telah menunjukkan secara konsisten performa gemilang di Stadion Selhurst Park bahwa dia adalah pemain Liga Primer papan atas dan menjadi incaran klub top Eropa lainnya.

5. Rafael da Silva

Bek sayap kanan asal Brasil yang sangat dicintai fan MU adalah pemain lain yang dilepas di era Van Gaal dan keputusannya masih terasa aneh sampai hari ini, terutama mengingat bahwa Matteo Darmian, Antonio Valencia dan Guillermo Varela adalah orang-orang yang menggantikannya.

Rafael, selama beberapa menjadi andalan Sir Alex Ferguson, bek sayap yang luar biasa, yang lebih dari memainkan perannya dalam tiga kemenangan gelar Liga Primer.

Saat ini Rafael bermain di Lyon, tetapi dia bisa menjadi bek kanan Manchester United selama lebih dari satu dekade.

Klasemen Liga Inggris 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Manchester City Manchester City 5 4 1 0 13 8 13
2 Liverpool Liverpool 5 4 0 1 10 9 12
3 Aston Villa Aston Villa 5 4 0 1 10 3 12
4 Arsenal Arsenal 5 3 2 0 8 5 11
5 Chelsea Chelsea 5 3 1 1 11 6 10
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement