Sabtu 09 May 2020 21:00 WIB

Ambisi Cujedo Torehkan Sejarah di Pentas UFC

Cujedo akan berhadapan dengan mantan juara kelas bantam, Dominic Cruz.

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar
Henry Cujedo
Foto: ufc
Henry Cujedo

REPUBLIKA.CO.ID, FLORIDA -- Perebutan gelar juara kelas bantam bakal menjadi salah satu pertarungan utama di Ultimate Fighting Championship (UFC) 294, yang akan digelar di Jacksonville, Florida, Sabtu (9/5) waktu setempat.

Pertarungan itu akan mempertemukan juara bertahan kelas bantam UFC, Henry Cujedo, dengan mantan juara kelas bantam, Dominic Cruz.

Apabila mampu membungkam Cruz di laga tersebut, maka Cujedo bakal menorehkan tinta emas dalam sejarah kelas bantam di UFC. Petarung Mixed Martial Arts (MMA) asal Amerika Serikat itu akan menjadi petarung pertama yang mampu mengalahkan dua petarung yang dianggap sebagai yang terbaik di kelas bantam UFC, yaitu Cruz dan Marlon Moraes.

Cujedo sukses meraih sabuk gelar juara kelas bantam usai menganvaskan Marlon Moraes pada Juni 2019 silam. Sementara Cruz merupakan petarung pertama yang mampu mengawinkan gelar kelas bantam WEC dan kelas bantam UFC. Namun, sejak kekalahan dari Cody Garbrandt pada 2016 dan serangkain cedera, Cruz tidak pernah lagi tampil Oktagon.

Cujedo bertekad, menambahkan Cruz dalam daftar petarung-petarung dengan nama besar yang pernah dia kalahkan. Peraih medali emas cabang gulat gaya bebas Olimpiade 2008 itu menyebut, dengan mengalahkan Cruz, dia bisa menegaskan statusnya sebagai petarung terbaik di kelas 135 pound.

''Saya tengah membangun warisan besar. Saya rasa, Dominick adalah satu satu petarung yang telah menorehkan nama besar. Itulah alasan saya ingin menghadapi Dominick. Saya ingin menambahkan petarung dengan nama besar di daftar korban saya dan melanjutkan warisan ini,'' kata petarung berusia 33 tahun itu seperti dikutip CBSSports, Sabtu (9/5).

Dalam beberapa tahun terakhir, Cujedo memang mampu menarik perhatian para pencinta MMA. Cujedo menorehkan catatan impresif dengan torehan 15 kemenangan dengan 12 kemenangan TKO dari 17 pertarungan. Cujedo pun mampu menorehkan kemenangan di lima pertarungan terakhir.

Pertarungan tersebut termasuk keberhasilan merebut sabuk gelar juara kelas terbang UFC dari Demetrious Johnson pada 2018 silam. Cujedo pun sukses mempertahankan titel juara kelas terbang UFC usai mengalahkan T.J. Dillashaw pada Januari 2019.

Pada saat itu, Cujedo berhasil menjatuhkan Dillshaw hanya dalam waktu 32 detik. Kini, Cujedo mulai fokus pada kelas 132 pound. Pertarungan menghadapi Cruz akan menjadi laga pertama Cujedo mempertahankan gelar juara kelas bantam UFC.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement