Selasa 12 May 2020 10:11 WIB

Akankah UEFA Mengubah Format Kualifikasi Liga Champions?

Babak kualifikasi Liga Champions musim depan seharusnya pada 23 Juni.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Juara Liga Champions musim lalu, Liverpool.
Foto: AP Photo/Felipe Dana
Juara Liga Champions musim lalu, Liverpool.

REPUBLIKA.CO.ID, NYON --UEFA menegaskan belum berpikir soal perubahan format kualifikasi untuk Liga Champions. Badan sepak bola Eropa itu mengatakan masih memantau situasi. Sejauh ini, pandemi corona telah menghentikan aktivitas sepak bola di seluruh dunia.

Menurut UEFA, sampai saat ini belum mencabut hak kompetisi domestik untuk meloloskan wakil mereka berdasarkan performa di lapangan untuk Fase Grup Liga Champions.

''UEFA berharap memberikan kejelasan bahwa saat ini masih memonitor perkembangan situasi dan setiap potensi dampak pada format babak kualifikasi untuk kompetisi klub tahun depan,'' jelas UEFA, dikutip dari Sky Sports, Selasa (12/5).

Sampai saat ini, belum ada pilihan spesifik yang dibuat untuk menentukan format kompetisi Eropa, yang ritmenya terganggu akibat penghentian aktivitas. Babak kualifikasi untuk Liga Champions musim depan dijadwalkan pada 23 Juni.

Namun kemungkinan besar akan diundur setelah 29 Agustus saat UEFA berencana menggelar laga final musim ini di Istanbul. Musim kompetisi 2020/21 domestik juga akan selesai pada bulan Mei tahun depan jika situasi sudah normal, dengan Piala Eropa 2020 akan dimulai pada 11 Juni 2021.

Sampai saat ini, belum ada liga domestik yang kembali memulai kompetisi, dengan Liga Prancis dan Liga Belanda sudah mengumumkan untuk menghentikan musim 2019/20.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement