Senin 18 May 2020 11:50 WIB

Cerita Rivaldo Tandra Jalani Debut di IBL

Rivaldo bersyukur bisa menjalani karier sebagai pebasket profesional.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Pemain binaan SM Pertamina, Rivaldo Tandra Pangesthio.
Foto: dok. Adiez Manafe/SM Pertamina
Pemain binaan SM Pertamina, Rivaldo Tandra Pangesthio.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rookie atau pemain pendatang baru Satria Muda (SM) Pertamina Jakarta, Rivaldo Tandra Panghesthio, berbagi cerita tentang menjalani musim debutnya di Indonesia Basketball League (IBL) 2020. Rivaldo bersyukur bisa menjalani karier sebagai pebasket profesional.

Meski baru menjalani debut di IBL, nama Rivaldo sudah terkenal sebelum menjalani debut profesional. Pebasket asal Pontianak itu lebih dahulu bersinar bersama tim nasional 3x3 Indonesia.

Namun, Rivaldo menilai, kesempatan masuk ke kompetisi IBL saat ini sejatinya jauh lebih mudah. Wadahnya pun sudah disediakan.

Niat dan konsistensi permainan menjadi kunci jika ingin menembus liga profesional. Dengan penampilan yang cemerlang, talent scouting dari klub akan melihat.

“Performa di kejurnas atau Liga Mahasiswa itu harus maksimal agar dilirik. Selain itu, ada IBL Draft dan Rookie Combine, jadi wadahnya ada,” ujar Rivaldo dilansir dari laman IBL Indonesia, Senin (18/5).

Rivaldo turut berpesan agar pebasket muda tidak takut terjun ke profesional. Jika menjalani dengan tekun, materi akan mengikuti. “Memang banyak yang takut atlet tidak punya apa-apa. Buktinya banyak senior yang bisa berkeluarga, punya rumah, punya mobil, itu kan contoh,” jelas dia.

Selain materi, Rivaldo merasakan dampak positif dari bermain bakset yang lebih besar, yakni akses ke pendidikan yang lebih mudah. “Lewat basket itu kita bisa kuliah S1 hingga S2, jadi kita punya bekal yang lebih baik, seandainya nanti pensiun,” tutur penggemar Michael Jordan tersebut.

Di musim perdananya, Rivaldo mendapat kepercayaan dari pelatih SM Pertamina Jakarta di berbagai pertandingan. Rata-rata waktu bermain Rivaldo mencapai 17,87 menit per gim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement