Selasa 19 May 2020 22:07 WIB

Peristiwa Bersejarah Dunia Olahraga Hari ini

Sejumlah peristiwa olahraga utamanya sepak bola Eropa terjadi pada 20 Mei.

Rep: Hartifiany Praisa/ Red: Agung Sasongko
Christian Panucci
Christian Panucci

REPUBLIKA.CO.ID,  LONDON -- Sejumlah peristiwa olahraga utamanya sepak bola Eropa terjadi pada 20 Mei. Reuters pun merangkum beberapa kejadian di tahun yang berbeda.

20 Mei 1989

Pemain Liverpool, John Aldrige mencetak gol di menit keempat melawan Everton saat final Piala FA di Stadion Wembley di London.  Skor seri saat Stuart McCall menyamakan kedudukan untuk Everton. Namun dua gol dari Ian Rush membuat Liverpool menang di perpanjangan waktu. 

Pertandingan tersebut digelar hanya lima pekan setelah bencana Hillsborough, dimana 96 penggemar Liverpool tewas. Sebelum laga digelar para pemain menggenakan ban lengan hitam sebagai tanda penghormatan.

20 Mei 1998

Pemain Real Madrid, Christian Panucci dan Manuel Sanchis merayakan kemenangan perdana klub di kompetisi Piala Eropa setelah 32 tahun. Real Madrid menang atas Juventus dengan skor 1-0 di Arena Amsterdam, Belanda. Juventus yang mulus masuk ke babak final terpaksa takluk atas gol tunggal dari Predrag Mijatovic. 

Sanchis menjadi pemain dengan rekor penampilan terbanyak untuk Real Madrid sebanyak 710 kali sebelum pensiun pada 2001.

 

20 Mei 2001

Pelatih Liverpool Gerard Houllier  mengangkat trofi Piala UEFA dalam parade kota sebagai perayaan kemenangan klub atas Alaves dengan skor 5-4. Houllier tidak hanya membawa treble bagi klub. Tapi juga memenangkan trofi kejuaraan Eropa pertama sejak 1984.

Laga ini merupakan laga dengan skor tertinggi pada laga final Eropa sejak Real Madrid menaklukan Eintracht Frankfurt dengan skor 7-3 pada 1960 silam. 

20 Mei 2001

Striker PSV Eindhoven, Ruud van Nistelrooy mencatatkan pertandingan terakhirnya bersama klub saat melawan De Graagschap. Striker asal Belanda ini menandatangani kontrak bersama Manchester United dengan memecahkan rekor harga transfer sebanyak 19 juta pound. Nistelrooy pun membuktikan tingginya kontrak dengan kesuksesan di Manchester United. Dia mencetak 150 gol selama lima tahun berseragam Manchester United.

20 Mei 2008

Legenda Argentina, Diego Maradona menyeimbangkan bola di kepalanya saat ajang Festifal Film Cannes ke 61 di Riviera, Prancis. 

Maradona memenangkan Piala Dunia 1986 dan dianggap sebagai salah satu pemain terbaik sepanjang masa. Dia datang ke acara tahunan itu untuk mempromosikan film dokumenter tentang kehidupannya yang disutradarai oleh Emir Kusturica.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement