Ahad 24 May 2020 22:52 WIB

10 Pemain Wales Terbaik di Inggris

Liga Inggris tidak sedikit mengorbitkan pesepak bola asal Wales dari tahun ke tahun.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Israr Itah
Mantan penyerang Liverpool Ian Rush
Mantan penyerang Liverpool Ian Rush

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Liga Primer Inggris menjadi tempat berkumpulnya para bintang lapangan hijau dunia. Liga kasta teratas di Negeri Ratu Elizabeth itu juga tidak sedikit mengorbitkan pesepak bola asal Wales dari tahun ke tahun.

Bahkan tidak sedikit dari mereka yang menyandang gelar pemain legendaris saat merumput di klub-klub sepak bola Inggris. Gelar tersebut disematkan entah karena eksploitasi mencetak gol, kualitas kepemimpinan, atau tekel kuat dan tangguh di atas lapangan.

Baca Juga

Berikut 10 pemain terbaik Wales seperti dikutip laman 90min, Ahad (24/5).

1. Ian Rush

Bermain untuk Liverpool, kesuksesan Ian Rush sudah tidak bisa dibantah lagi. Dia berhasil membawa banyak kemenangan untuk The Reds.

Dia telah mencetak 45 gol di Liga Premier bagi The Merseyside. Ian juga memiliki pengalaman indah saat bermain untuk Leeds United dan Newcastle United.

2. Simon Davies

Pemain asal Wales itu telah mencatatkan 303 penampilan di Liga Premier Inggris. Davies sempat merumput bersama Tottenham, Everton dan Fulham.

Jasa Davies paling yang mungkin paling diingat adalah saat bermain di Fulham. Dia mengawal peran penting dalam perjalanan ikonik klub London barat itu ke final Liga Eropa pada 2009/10.

3. Robbie Savage

Robbie Savage merupakan pemain yang tidak pernah membiarkan lawannya berada dalam jarak dekat. Gaya permainannya tidak terlalu anggun namun efektif.

Savage bersinar di Liga Premier bersama Leicester pada 1997 lalu. Dia lantas mencatatkan 346 penampilan selama 11 tahun bermain di liga Premier Inggris.

4. Craig Bellamy

Craig Bellamy menghabiskan waktu bermainnya dengan mengenakan banyak seragam klub liga Inggris. Pemain asal Wales itu resmi berseragam Newcastle, Blackburn, Liverpool, West Ham, Manchester City dan Cardiff.

Bellamy merupakan salah satu pemain yang meiliki etos kerja tak kenal lelah, fleksibilitas dan tekad hingga membuatnya menjadi pemain penting untuk klub manapun dia berada.

5. Mark Hughes

Dia merupakan salah satu pemain kunci Manchester United di tahun-tahun awal Liga Premier. Hughes menjadi mesin gol Setan Merah saat mereka merengkuh titel Liga Premier untuk kali pertama.

Hughes kemudian memenangkan dua gelar Liga Premier dengan The Red Devils sebelum berangkat ke Chelsea guna menikmati keberhasilan piala domestik dan kontinental. Secara keseluruhan, Hughes mencatatkan 297 penampilan di Liga Premier dan mencetak 64 gol.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement