Kamis 28 May 2020 07:43 WIB

18 Hal Menarik yang Perlu Diketahui Tentang Mike Tyson (1)

karier Tyson yang cemerlang juga diwarnai sisi gelap karena kontroversi.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Muhammad Akbar
mike tyson
Foto: images3.alphacoders.com
mike tyson

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mike Tyson adalah mantan petinju profesional asal Amerika Serikat dengan segala prestasi mentereng, ia masih memegang rekor atlet termuda yang menyabet gelar tinju kelas berat versi WBC, WBA, dan IBF sekaligus di usia 20 tahun.

Di sisi lain, karier Tyson yang cemerlang juga diwarnai sisi gelap karena kontroversi. Laman OhFact merangkum itu menjadi 18 fakta Tyson, petinju yang dijuluki 'Si Leher Beton'. Berikut daftarnya:

1. Keluarga Kandung Tyson

little mike tyson

Michael Gerard Tyson atau Mike Tyson lahir 30 Juni 1966 di Brooklyn, New York, Amerika Serikat (AS) dari pasangan Jimmy Kirkpatrick dan Lorna Tyson.

Ketika berumur dua tahun, sang ayah pergi meninggalkan keluarganya yang membuat Tyson kesulitan ekonomi. Ia punya kakak laki-laki, Rodney, dan kakak perempuan, Denise yang meninggal pada 1990.

2. 38 kali ditangkap polisi saat masih ABG

Mike Tyson

Ketika masih belia, Tyson kerap menjadi sasaran perundungan (bullying). Untuk melawannya, ia belajar cara bertarung di jalanan hingga membuatnya kerap berurusan dengan polisi. Saat berusia 13 tahun, ia sudah diciduk aparat setidaknya 38 kali.

3. Terinspirasi Muhammad Ali

Muhammad Ali

Ketika Tyson keluar dari penjara di masa remaja, legenda tinju AS Muhammad Ali mengunjungi tempat Tyson bekerja sosial. Ali menasehati Tyson agar meniti karier sebagai petinju agar bakatnya tersalurkan.

4. Diangkat sebagai anak oleh pelatih

Mike Tyson and Cus d' Amanto

Pada 1980, penasehat sekaligus pelatih Tyson, Bob Stewart mengenalkannya dengan pelatih tinju legendaris Constantine "Cus" D’Amato, kemudian menjadikannya sebagai anak angkat.

5. Sang Ibu meninggal karena kanker

Sang ibu, Lorna Tyson meninggal akibat kanker pada 1982. Setelah itu, Cus D'Amato menjadi orangtua adopsi resmi untuk Tyson.

6. Awal mula julukan 'Iron Mike'

mike tyson fighting

Tyson menandai debut profesionalnya pada 1985 dengan melawan Hector Mercedes di Albany, New York. Tyson meng-KO lawannya di ronde pertama dengan tinjuan cepat dan kuat. Selepas itu, muncul julukan 'Iron Mike' padanya. Belakangan, pers Indonesia memanggilnya 'Si Leher Beton' karena kekuatannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement