Kamis 28 May 2020 07:53 WIB

18 Hal Menarik yang Perlu Diketahui Tentang Mike Tyson (3)

karier Tyson yang cemerlang juga diwarnai sisi gelap karena kontroversi.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Muhammad Akbar
mike tyson
Foto: images3.alphacoders.com
mike tyson

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mike Tyson adalah mantan petinju profesional asal Amerika Serikat dengan segala prestasi mentereng, ia masih memegang rekor atlet termuda yang menyabet gelar tinju kelas berat versi WBC, WBA, dan IBF sekaligus di usia 20 tahun.

Di sisi lain, karier Tyson yang cemerlang juga diwarnai sisi gelap karena kontroversi. Laman OhFact merangkum itu menjadi 18 fakta Tyson, petinju yang dijuluki 'Si Leher Beton'. Berikut daftarnya:

13. Hobi memelihara harimau

Mike Tyson's pet tiger

Selain burung, Tyson juga hobi memelihara hewan unik lainnya. Ia memiliki tiga ekor harimau jenis Royal Bengal, dan harus rela mengeluarkan 4.000 dollar AS untuk setiap bulan untuk merawatnya.

14. Melampaui kekayaan Michael Jackson

Tyson melewati kekayaan Michael Jackson, sekalligus dinobatkan menjadi atlet yang dibayar paling mahal di dunia pada 1990 dengan pendapatan 28,6 juta dolar AS. Namun karena bangkrut di tahun 2003, kekayaannya merosot dari 300 juta dollar menjadi 1 juta dollar AS.

15. Pertarungan terakhir Tyson

Mike Tyson

Ia menjalani laga terakhirnya melawan petinju kelas berat asal Irlandia, Kevin McBride, 2005 lalu. Namun di dua ronde pertama, Tyson kewalahan melayangkan tinju. Kemudian di ronde ketiga dan keempat, ia semakin kesulitan hingga harus kalah KO secara teknis.

16. Bisnis Mike Production

mike tyson live

Setelah pensiun, Tyson memulai bisnis produksi alat olahraga bernama 'Mike Production'. Ia ingin mempromosikan olahraga tinju dan melahirkan atlet baru dengan kampanye yang melibatkan musisi.

17. Tiga kali menikah

Mike Tyson sudah menikah sebanyak tiga kali dan memiliki delapan anak. Pada 1988, ia menikahi aktris Robin Givens kemudian bercerai karena persoalan kekerasan.

Pada 1997, ia menikah dengan Monica Turner yang melahirkan dua anak: Rayna dan Amir. Namun, mereka bercerai di tahun 2003. Hingga akhirnya pada 2009, Tyson menikah dengan Lakiha Spicers setelah 11 hari anaknya yang bernama Exodus meninggal dunia.

18. Penghargaan pribadi

Mike Tyson

Selain titel juara tinju, ia juga meraih penghargaan pribadi lainnya seperti 'Ring Magazine Fighter Award', 'BBC Sports Personality of the Year Award', 'Ring magazine Prospect of the Year Award'. Tyson juga menyandang gelar doktor 'Humane Letters' dari Central State University.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement