Sabtu 30 May 2020 12:34 WIB

Ini Alasan Serie A dan Coppa Italia Dilanjutkan

Coppa Italia juga tetap dilanjutkan karena hanya menyisakan dua pertandingan.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Logo Serie A Liga Italia
Foto: forzaitalianfootball.com
Logo Serie A Liga Italia

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Klub-klub Serie A Liga Italia akhirnya bisa bernapas lega. Pimpinan liga dan Pemerintah Italia sepakat untuk menggelar kembali kompetisi pada 20 Juni 2020 nanti.

Serie A sudah dihentikan sejak 10 Maret lalu karena pandemi corona yang telah menghancurkan Italia. Petinggi Serie A awalnya mengajukan tanggal dimulainya kompetisi pada 13 Juni. Namun hal itu tidak mungkin dilakukan karena lockdown nasional diperpanjang sampai 14 Juni.

Menteri Olahraga Italia Vincenzo Spadafora mengumumkan keputusan itu usai menggelar pertemuan jarak jauh dengan perwakilan Federasi Sepak Bola Italia (FIGC), asosiasi pemain, dan Serie A. Menurutnya Spadafora, pemerintah telah menyetujui protokol kesehatan yang diajukan FIGC, termasuk jika liga terpaksa kembali dihentikan.

''Italia akan kembali bangkit dan ini waktu yang tepat bagi sepak bola untuk lanjut lagi. Kami bisa menyatakan kompetisi akan mulai lagi pada 20 Juni,'' ujar Spadafora dikutip dari ESPN, Jumat (29/5).

Salah satu syarat Serie A dimulai kembali adalah wajib dilakukan tes. Namun tes tersebut tak boleh mengganggu kebutuhan semua warga Italia.

Spadafora menambahkan, jika ada tanda-tanda peningkatan kasus korona baru secara signifikan, maka liga kemungkinan akan disetop lagi.

Juventus jadi pimpinan klasemen dengan unggul hanya satu poin dari Lazio saat kompetisi dihentikan dan menyisakan 12 pertandingan. Sementara, Inter berada di posisi ketiga dengan jarak sembilan poin dari Juve, namun punya keuntungan satu pertandingan.

Sama seperti Serie A, Coppa Italia juga tetap dilanjutkan karena hanya menyisakan dua pertandingan, yaitu semifinal leg kedua dan final. AC Milan imbang 1-1 dengan Juve di San Siro, serta Napoli unggul 1-0 atas Inter di San Paolo pada leg pertama.

Spadafora mengungkapkan, ada kemungkinan Coppa Italia bisa dimulai sepekan lebih awal dari Serie A. Semifinal leg kedua pada 13 Juni dan final 17 Juni. ''Dimulainya kembali sepak bola adalah pesan harapan untuk seluruh negeri. Saya senang dan puas,'' kata Presiden FIGC Gabriele Gravina.

Namun, dengan kompetisi yang kejar tayang, para pemain harus siap dengan jadwal padat. Sebab, dengan dimulai 20 Juni, Serie A ditarget bisa selesai pada 2 Agustus. Sehingga klub kemungkinan besar mendapatkan jadwal bertandingan dua kali dalam sepekan.

Belum lagi, setelah Serie A usai, klub seperti Juventus, Napoli, Atalanta, Inter, dan AS Roma masih harus bertanding di Liga Champions dan Liga Europa yang dimulai dari 4 Agustus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement