Ahad 31 May 2020 09:35 WIB

FA Siap Gelar Final Piala FA dengan Kehadiran Penonton

FA telah menargetkan final Piala FA digelar pada 1 Agustus di Stadion Wembley.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Fred (kiri) mengadang Wayne Rooney (tengah) pada laga Piala FA antara Derby County dan Manchester United di Pride Park, Derby, Inggris, Jumat (5/3) dini hari.
Foto: Peter Powell/EPA EFE
Fred (kiri) mengadang Wayne Rooney (tengah) pada laga Piala FA antara Derby County dan Manchester United di Pride Park, Derby, Inggris, Jumat (5/3) dini hari.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Federasi Sepak Bola Inggris (FA) tengah mempersiapkan kemungkinan menggelar partai final Piala FA musim ini dengan kehadiran penonton, terutama pendukung dari kedua tim finalis. Sebelumnya, FA telah menargetkan final Piala FA digelar pada 1 Agustus, dan tetap berlangsung di Stadion Wembley.

Seperti dilansir Mirror, Ahad (31/5), FA tengah menggodok rencana untuk memperbolehkan supporter dari para finalis untuk menyaksikan partai final Piala FA secara langsung di Stadion Wembley. "Namun, jumlahnya tetap terbatas, yaitu hanya 10 ribu supporter dari setiap tim. Alhasil, ada 20 ribu penonton yang bisa hadir langsung di Stadion Wembley," tulis laporan Mirror tersebut.

Baca Juga

Tidak hanya itu, FA juga bakal mempertimbangkan rekomendasi dari otoritas kesehatan Inggris sebelum menerapkan kebijakan tersebut. Selain itu, kebijakan itu bisa diterapkan apabila tingkat infeksi Covid-19 di Inggris telah berada di angka 0,9. Apabila syarat-syarat tersebut tercapai, maka partai final Piala FA musim ini dapat menjadi laga pertama di pentas sepak bola profesional Inggris yang digelar dengan kehadiran penonton, terutama pasca pandemi Covid-19.

Salah satu pejabat senior pengelola Stadion Wembley menyatakan, luas Stadion Wembley dapat menjadi keuntungan tersendiri apabila partai final Piala FA musim ini menjadi laga perdana yang digelar dengan kehadiran penonton. Dengan kapasitas mencapai 90 ribu penonton, pengelola stadion bisa menerapkan rekayasa dan pengaturan alur kedatangan serta kepergian supporter secara lebih leluasa.

Sebelumnya, FA telah menetapkan partai final Piala FA musim ini ditargetkan digelar pada 1 Agustus. Akibat pandemi Covid-19, semua sepak bola profesional di Inggris, termasuk Piala FA, tengah dihentikan sementara pada pertengahan Maret silam. Pada saat itu, Piala FA musim ini tengah memasuki fase perempat final.

Rencananya, laga perempat final Piala FA musim ini akan digelar pada 27 dan 28 Juni. Sementara laga semifinal dijadwalkan digelar pada pertengahan Juli. Semua partai tersebut akan digelar tanpa kehadiran penonton.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement