Kamis 04 Jun 2020 17:36 WIB

Kilas Balik dari Perjalanan Hidup Mike Tyson

cerita hidup Tyson tak hanya ramai soal pertarungan di ring namun juga di luar ring.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Muhammad Akbar
Mike Tyson Undisputed Truth
Foto: HBO
Mike Tyson Undisputed Truth

REPUBLIKA.CO.ID, LAS VEGAS -- Mike Tyson adalah salah satu legenda tinju terhebat sepanjang sejarah. Saat masih aktif, penggemar selalu menantikan pertarungan Tyson. Mereka ingin menyaksikan petinju yang berjuluk si Leher Beton itu memukul KO lawannya.

Namun cerita hidup Tyson tak hanya ramai soal pertarungan di ring namun juga di luar ring. Perjalanan hidupnya, baik manis maupun getir, kesuksesan dan kegagalan maupun kisah tragis adalah kisah yang tak lepas dari Tyson.

Berikut beberapa pengalaman hidup Tyson sebagaimana dilansir dari Grunge:

Tahun-Tahun Sulit Mike Tyson

Perjalanan hidup Tyson dimulai dengan perjuangan dan prahara. Tyson harus kehilangan ayahnya saat usianya masih dua tahun karena meninggalkannya tanpa tanggung jawab. Tanpa kasih sayang seoranh ayah jelas mengaruhi hidup Tyson.

Tyson juga harus menghadapi kenyataan pahit ketika ibunya meninggal saat usianya 16 tahun dan saudara perempuannya juga meninggal ketika Tyson berumur 24 tahun. Pada usia 19 tahun, Tyson juga kehilangan pelatih tinjunya yaitu Cus D’Amato.

Terlepas dari prahara yang terjadi di keluarganya, Ia dibesarkan di daerah-daerah yang penuh dengan kenakalan remaja yaitu di Brooklyn, New York. Itu juga turut membentuk pola hidup Tyson.  Pada usia 13 tahun ia sudah ditangkap oleh pihak keamanan sebanyak 38 kali.

Sejak kecil ia memang hobi berkelahi sehingga sering menakut-nakuti lawannya. Hidup di kawasan dengan angka kriminal tinggi ditambah tanpa kasih sayang orang terdekat membuat hidupnya seoalah tak menemukan arah.

"Saya tidak pernah melihat ibu saya senang dengan saya dan bangga pada saya karena melakukan sesuatu. Dia hanya mengenal saya sebagai anak liar yang berlari di jalanan, pulang dengan pakaian baru yang dia tahu tidak saya bayar. Saya tidak pernah punya kesempatan untuk berbicara dengannya atau tahu tentang dia,” kata Tyson menjelaskan.

Gaya Tinju Unik Mike Tyson

Untuk ukuran petinju kelas berat, postur tubuh Tyson cukup pendek namun dia sangat kekar. Kendati demikian, sebagaimana catatan Bleacher Report, Tyson mengembangkan gaya aneh dalam bertinju yang mudah dan efektif. Itu membuat ia bisa bersaing dengan lawan yang lebih besar sekalipun.

Sejak ia naik ring pada usia 18 tahun, tepatnya pada 1985, pukulannya sering mendaratkan pukulan kombinasi ke wajah lawan. Ia bahkan bisa memenangkan pertarungan hanya dengan satu pukulan.

Menurut Bleacher, Tyson mencapai kesuksesan saat menggunakan gaya tinju yang disebut ‘mengintip-a-boo’ yaitu bergarak untuk memukul lawan maupun menghindar dari pukulan lawan. Gaya ini mengantarkan ia menjadi salah satu petinju yang ditakuti di dunia.

 

Mike Tyson Berteman dengan Harimau

Tyson adalah pecinta harimau. Pada acara instagram live 2020 dengan rapper Fat Joe, Tyson mengenang selama fase bad boy pada tahun 1990-an. Ia mengaku terbiasa memiliki lebih dari satu harimau.

Kebangkrutan yang dialaminya memaksa ia harus berpisah dengan hewan-hewan tersebut. Ia menyadari adegannya bersama hewan peliharaannya itu tak sehat.

Ia menilai bahwa harimau tak akan pernah bisa dijinakkan sepenuhnya sehingga dapat membunuh seseorang tanpa disengaja. “Dulu aku tidur dengan mereka. Aku hanya senang mendidik diriku sendiri. Sudah larut. Tapi aku melakukan kesalahan sh*t,” ungkapnya.

Penyesalan Tyson memelihara harimau bisa diterima karena salah satu dari mereka pernah menyerang seorang wanita yang memanjat propertinya. Tyson akhirnya membayar 250 ribu dolar AS karena harimaunya melukai tangan wanita tersebut.

Tato di Wajah Mike Tyson

Pada tahun 2003, Tyson memutuskan memasang tato suku di wajah bagian kiri. Dalam film documenter Tyson 2008, ia mengatakn bahwa tato tersebut adalah desain keren yang sesuai dengan “statusnya pejuangnya”. Namun dilaporkan bahwa ia memiliki motif tato lain.

Desain tato suku itu disebutkan bukan pilihan Tyson. Gagasan awalnya adalah untuk menutupi seluruh wajahnya dengan tato jantung karena ia ingin dikenal sebagai ‘The Man of Hearts’.

Mike Tyson Banyak Berurusan dengan Hukum

Ia begitu akrab dengan pelanggaran hukum sejak kecil. Pada 1978 ia pernah ditangkap karena mengambil dompet seseorang. Pada masa kejayaannya ia pernah tersandung masalah mulai dari kecelakaan mobil, berkelahi, bermain wanita, obat-obatan terlarang dan kebangkrutan ekonomi.

Kesalahan paling berat yang pernah dibuat Tyson adalah ketika dituduh memperkosa Desiree Washington pada 1991. Ia adalah seorang kontestan kecantikan Miss Black America berusa 18 tahun.

Meski Tyson mengklaim peristiwa tersebut sesuai kesepakatan  namun pada 1992 ia tetap dinyatakan bersalah dengan tuduhan pemerkosaan dan dua tuduhan penyimpangan perilakuk seksual sehingga ia dijatuhi sepuluh tahun penjara.

Mike Tyson Keluar dari Kebangkrutan

Meski pendapatannya dari ring sangat fantastis yaitu lebih dari 300 juta dolar AS selama karirnya, pada 2003 ia bangkrut. Butuh waktu sepuluh tahun untuk keluar dari kebangkrutan. Ia berhasil keluar dari itu berkat usahanya di luar tinju.

Pada tahun 2020 kekayaan bersihnya sebagai seorang selebriti diperkirakan mencapai 3 juta dolar AS. Tyson mengatakan kekayaan yang dimilikinya pernah digunakan untuk membeli rumah mewah dan mobil hingga bermain wanita dan narkoba.

Orang yang Paling Ditakuti di Ring

Selama masa kejayaannya, reputasi Tyson sebagai petinju yang tak terkalahkan tak ada bandingannya. Tyson mencatatkan rekor 22-0 sebelum mendapatkan gelar kesempatan di gelar kelas berat. Sebanyak 21 kemenangannya diraih adalah KO dan sering didapatkan pada rounde pertama.

Tyson dikenal sangat kuat dengan pukulan cepat. Ia begitu semangat membalas pukulan lawan. Lawan-lawannya akan merasa terintimidasi ketika berjumpa Tyson sehinga mereka takut untuk memukulnya.

Pada 22 November 1986, Tyson mengalahkan Trevor Berbick di ronde kedua dan memenangkan kejuaraan kelas berat dengan status petinju termuda dalam sejarah yaitu 20 tahun empat bulan. Momen terbesar Tyson terjadi ketika mengalahkan Michael Spinks pada 1988 hanya dengan waktu 91 detik.

Kematian Putri Mike Tyson

Pada 2009, Tyson kehilangan putri tercintanya yang berusia empat tahun, Exodus Tyson. Putrinya meninggal karena kecelakaan mengerikan di Phoenix, Arizona. Leher putrinya tersangkut di tali kabel di bawah konsol. Saudara lelakinya menemukannya.

Putri Tyson kemudian dibawa ke rumah sakit namun nyawanya tak bisa diselematkan. Pada saat iti, Tyson sedang berada di Las Vegas dan langsung pulang setelah menerima kabar duka tersebut.

Mike Tyson Korban Ikon Budaya Pop

Tak hanya tenar dalam dunia tinju. Tyson juga sukses di dunia lain. Ia pernah tampil di film, kartun, buku dan acara TV. Insiden gigitan Evander Holyfield sangat terkenal sehingga sosoknya sempat menjadi bahan materi bagu comedian.

The Hangover yang memenangkan Golden Globe kemudian memperkenalkan  Tyson kepada dunia sebagai seseorang yang sangat suka bercanda.

Mike Tyson Suka Merpati

Tyson dan Merpati tampak seperti pasangan kekasih yang tak bisa dipisahkan. Iron Mike adalah penggila merpati yang terkenal sampai ada ada film documenter Animal Planet, Taking on Tyson. Ketertarikan Tyson kepada merpati dimulai ketika masih kecil.

"Hal pertama yang saya sukai dalam hidup saya adalah seekor merpati. Merpati adalah bagian dari hidupku. Ini adalah hal yang konstan dengan kewarasananku dengan cara yang aneh; ini hanya yang aku lakukan,” jelasnya.

Saking cintanya kepada merpati, ia pernah menendang tukang sampah karena membuang mayak merpati favoritnya, Julius. Ia juga pernah menganiaya anak yang mengganggu salah satu merpatinya.

Insiden Gigit Telinga

Momen ikonis dalam karir tinju Tyson adalah ketika menggigit telinga Evander Holyfield pada 1997. Insiden tersebut menyebabkan ia didiskualifikasi dan mendapatkan hukuman. Peristiwa tersebut terjadi pada ronde ketiga.

Mike Tyson Comeback

Tyson membuat pengumuman baru-baru ini akan kembali naik ring setelah pensiun 15 tahun silam. Pada 11 April 2020 lalu, Tyson yang kini berusia 53 tahun memerkan beberapa gerakan yang cukup bagus sebelum menyatakan kembali.

Ia menerima tawaran 20 juta dolar AS dan uang itu akan diberikan untuk amal. Beberapa nama diisukan akan menjadi lawannya, mulai dari Wanderlei Silva, Tito Ortiz dan Holifield. Ia telah merilis beberapa video latihan sebagai persiapan naik ring lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement