Jumat 05 Jun 2020 18:38 WIB

Ini Cara Ronaldo Tingkat Kecepatannya

Perubahan ini diharapkan bisa meningkatkan fleksibilitas dan kecepatan.

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar
cristiano ronaldo
Foto: dailymail
cristiano ronaldo

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Bintang Juventus, Cristiano Ronaldo, dikabarkan tengah menerapkan sejumlah cara untuk meningkatkan kecepatannya saat kembali merumput di sisa kompetisi musim ini. Salah satu cara yang dilakukan Ronaldo adalah dengan mengganti stud atau pul di sepatunya.

Biasanya, stud sepatu bola keluaran Nike, yang digunakan Ronaldo, menggunakan stud berbahan dasar besi. Namun, di sisa kompetisi musim ini, peraih lim gelar Ballon d'Or itu akan menggunakan stud berbahan karet. Perubahan ini diharapkan bisa meningkatkan fleksibilitas dan kecepatan.

''Pemain bintang berusia 35 tahun itu telah mencoba mengganti stud sepatunya di sesi latihan Juventus. Perubahan ini dinilai bisa meningkatkan daya cengkeram sepatu terhadap permukaan lapangan saat Ronaldo berlari,'' tulis laporan Tuttosports, Jumat (5/6).

Penggunaan stud karet ini diadopsi dari teknologi yang digunakan oleh para pemain Rugby. Berbeda dibanding sepak bola, para pemain Rugby memang menggunakan stud sepatu berbahan karet lantaran dianggap bisa meningkatkan fleksibilitas saat berlari.

Kabarnya, dalam menerapkan perubahan di bagian stud sepatu Ronaldo ini, Nike bekerjasama dengan perusahaan Smartpower. Perusahaan asal Perancis tersebut telah mendesain stud sepatu yang disesuaikan dengan gaya berlari Ronaldo, baik pada saat melakukan tolakan ataupun kala berada dalam kecepatan tinggi. Penyesuaian ini dilakukan agar Ronaldo bisa memaksimalkan akselerasinya saat berlari.

Para pemain di pentas Ligue 1 pun sempat mencoba metode pergantian stud sepatu tersebut pada musim ini. Salah satunya adalah pemain Montpellier, Andy Delort. Penyerang berusia 28 tahun itu pun tercatat menjadi pemain tercepat di pentas Ligue 1 musim ini, saat mampu menorehkan kecepatan 38,6 kilometer per jam.

Catatan waktu Delort ini bahkan lebih cepat dibanding catatan waktu milik penyerang PSG, Kylian Mbappe.

Ini menjadi salah satu upaya Ronaldo untuk bisa memberikan kontribusi maksimal buat Juventus di sisa musim ini. Mantan bintang Real Madrid itu pun memiliki kesempatan untuk membuktikan kemampuannya saat Juventus menghadapi AC Milan di laga leg kedua babak semifinal Coppa Italia pada 12 Juni mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement