Selasa 09 Jun 2020 00:01 WIB

Mengada-adakah Alasan Pensiunnya McGregor?

Sering kalah, tapi McGregor pensiun seolah jenuh karena tak ada lawan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Conor McGregor
Foto: AP/John Locher
Conor McGregor

REPUBLIKA.CO.ID, DUBLIN -- Petarung Mixed Martial Arts (MMA), Conor McGregor, mengumumkan keputusanya untuk pensiun dari ajang MMA. Petarung MMA asa Irlandia itu mengaku sudah bosan dan merasa tidak ada tawaran pertarungan yang membuatnya benar-benar tertantang.

Pengumuman mundur dari pentas MMA ini diungkapkan McGregor via unggahan di akun media sosialnya, Ahad (7/6) waktu setempat. Keputusan pensiun ini diungkapkan McGregor beberapa jam setelah menyaksikan gelaran UFC 250 di Las Vegas, Amerika Serikat.

''Saya memutuskan untuk mundur dari pertarungan MMA. Terima kasih untuk semua kenangan luar biasa ini. Benar-benar karier yang luar biasa,'' tulis McGregor di akun media sosialnya seperti dilansir Herald, Senin (8/6).

Ini menjadi pengumuman pensiun ketiga McGregor dari pentas MMA dalam empat tahun terakhir, yaitu pada 2016 dan 2019. Namun, tidak lama berselang, petarung berusia 31 tahun itu akhirnya memutuskan kembali ke kancah MMA. Terakhir, McGregor kembali ke arena Oktagon dan berhadapan dengan Donald Cerrone pada awal tahun ini.

Di pertarungan tersebut, McGregor mengalahkan Cerrone lewat TKO hanya dalam waktu 40 detik. Ini menjadi laga sekaligus kemenangan pertama mantan juara kelas bulu dan kelas ringan UFC itu setelah dikalahkan Khabib Nurmagomedov lewat kuncian pada 2018 silam. 

Sejak kemenangan atas Cerrone itu, McGregor tidak lagi tampil di Oktagon lantaran merasa tidak ada pertarungan yang membuatnya tertarik.

''Saya merasa bosan dengan pertarungan. Saya juga tidak tertarik dengan pertarungan yang ada. Setelah menunggu sekian lama, tidak ada yang terjadi. Dari semua pilihan lawan yang ada, tidak ada yang benar-benar terealisasi. Tidak ada yang benar-benar membuat saya tertarik,'' kata McGregor kepada ESPN.

Alasan McGregor ini kemudian memantik reaksi publik. Petarung penuh tato itu dianggap mengada-ada karena pada faktanya, dalam beberapa bulan terakhir ia begitu berambisi mengadakan tarung ulang kontrak Khabib. Sehingga, ucapannya yang pensiun karena bosa dianggap hanya alibi belaka.

Dalam beberapa bulan terakhir, rencana //rematch// antara McGregor dengan Nurmagomedov sempat menjadi salah sorotan di pentas UFC. Namun, hingga kini, rencana pertarungan tersebut tidak pernah terlaksana. Pun dengan rencana pertarungan McGregor menghadapi mantan pemegang sabuk juara kelas menengah UFC, Anderson Silva. 

McGregor yang sudah tak muda lagi memang layak pensiun. Meski pernah meraih sabuk gelar juara di dua kelas berbeda, McGregor punya rekor yang masih jauh di bawah Khabib, Justin Gaethje, bahkan Tony Ferguson.

Khabib di puncak kelas ringan dengan 28-0, lalu Justin 22-2, dikuntit Ferguson 25-4, baru ada McGregor dengan 22-4.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement