Selasa 09 Jun 2020 08:09 WIB

Silvio Berlusconi Bertekad Bawa Monza ke Serie A

Berlusconi membeli Monza dengan harga tiga juta Euro.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Agung Sasongko
Silvio Berlusconi
Foto: REUTERS/Alessandro Bianchi
Silvio Berlusconi

REPUBLIKA.CO.ID,  MILAN--Silvio Berlusconi bertekad kembali ke kasta sepakbola tertinggi Italia Serie A untuk pertama kalinya sejak menjual AC Milan beberapa tahun silam. Itu setelah klub baru Berlusconi, Monza dipromosikan ke Serie B pada Senin (8/6).

Monza adalah salah satu tiga klub yang dipromosikan ke Serie B bersama Vicenza dan Reggina menyusul adanya keputusan dari Federasi Sepakbola Italia yang mengakhiri musim regular Serie A dan mempromosikan tiga tim teratas.

"Monza akan membangun tim yang siap membidik puncak Serie B," kata surat kabar lokal il Cittadino mengutip Berlusconi, dilansir dari AFP, Selasa (9/6).

Berlusconi mengatakan untuk promosi ke Serie A akan tergantung kepada banyak faktor dan beberapa diantaranya tak dapat diprediksi. Namun Berlusconi mengklaim jajarannya mengetahui sebagian apa yang bisa membawa Monza promosi ke Serie A dan ia berjanji akan memaksimalkannya.

Berlusconi bukan orang baru di Serie A. sebelumnya ia adalah pemilik AC Milan selama lebih dari 30 tahun. Pada masa kepemimpinannya banyak tropi berhasil diraihnya yaitu memenangkan lima gelar Liga Champions Eropa dan delapan gelar Serie A.

Berlusconi menjual AC Milan pada 2017 kepada konsorsium yang dipimpin pengusaha asal China, Li Yonghong. Amerika Elliot kemudian mengambil alih klub ini karena Li Yonghong gagal membayar pinjaman yang digunakan untuk membeli klub.

Tak lagi memiliki AC Milan, Berlusconi kemudian membeli Monza dengan harga tiga juta Euro. Ia dilaporkan melakukan investasi besar-besar kepada Monza. Ia juga membawa tangan kanan kepercayaannya yaitu Adriano Galliani untuk membantu Monza meraih posisi puncak.

Hasilnya cukup berhasil karena mampu membawa Monza menjadi salah satu tim yang dipromosikan sesuai urutan klasemen Serie C. Berlusconi juga tak ragu tentang kiprah Monza ke depannya. Beberapa orang dilaporkan berpesta atas promosi klub asal Lombardy tersebut. Pesta tersebut digelar di dekat rumah Berlusconi, Arcore. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement