Sabtu 13 Jun 2020 00:05 WIB

Alhamdulillah, Ayah Khabib Sudah Bisa Membuka Matanya

Kondisi ayah Khabib Nurmagomedov kritis sejak mengalami serangan jantung bulan lalu.

Abdulmanap memasangkan sarung tinju pada anaknya Khabib Nurmagomedov.
Foto: instagram khabib_nurmagomedov
Abdulmanap memasangkan sarung tinju pada anaknya Khabib Nurmagomedov.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kabar baik datang dari keluarga besar Abdulmanap Nurmagomedov. Ayah dari petarung MMA Khabib Nurmagomedov yang kondisi kesehatannya kritis sejak sebulan lebih lalu itu dikabarkan kini sudah bisa membuka matanya.

‘’Khabib sangat kuat, keluarganya sangat kuat, ayahnya sangat kuat,’’ kata manajer Khabib, Ali Abdelaziz kepada ESPN, seperti dikutip Essentiallysports, Rabu (10/6). 

‘’Dia (Abdulmanap) terus menunjukkan perkembangan,’’ katanya. ‘’Dia sudah membuka matanya, memberi respon sedikit. Sebuah tanda yang baik.’’

Pada akhir April lalu, Abdulmanap dilarikan ke rumah sakit di Makhachkala, Dagestan, Rusia. Lelaki berusia 57 tahun itu didiagnosa mengalami gangguan pneumonia. Ia saat itu sempat menyatakan kondisinya baik-baik saja dan dalam proses pemulihan.

Tapi, kondisi kesehatan Abdulmanap terus menurun sehingga harus dilarikan ke rumah sakit di Moskow pada awal Mei. Ayah sekaligus pelatih dari Khabib Nurmagomedov ini disebut mengalami masalah gangguan jantung. Infeksi virus corona disebut-sebut sebagai pemicunya.

Karena kondisinya semakin memburuk, Abdulmanap akhirnya menjalani operasi jantung yang membuat dirinya sempat mengalami koma. Dia sudah sadar dan kondisinya stabil, mesti masih kritis.

Kini Abdulmanap sudah bisa membuka matanya dan merespon. Dan, keluarga Nurmagomedov yakin Allah SWT akan memberikan yang terbaik bagi mereka. ‘’Allah yang menentukan segalanya,’’ kata Ali.

Mereka memiliki keyakinan bahwa perkembangan kesehatan Abdulmanap akan lebih baik lagi. Abdulmanap yang sekarang sudah bisa membukan matanya, menjadi pertanda baik bagi perkembangan kesehatan ayah Khabib tersebut.

‘’Dia terus menunjukkan perkembangan. Kami sangat senang dengan perkembangannya tersebut,’’ ujar Ali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement