Rabu 17 Jun 2020 08:08 WIB

Membaca Peluang Liverpool Gagal Juara Liga Inggris

Liverpool butuh dua kemenangan untuk mengunci gelar Liga Inggris musim ini.

Liverpool butuh dua kemenangan untuk mengunci gelar juara Liga Inggris musim ini.
Foto: DOK LiverpoolFC
Liverpool butuh dua kemenangan untuk mengunci gelar juara Liga Inggris musim ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Liverpool butuh dua kemenangan lagi untuk mengunci gelar Liga Primer Inggris. Bahkan, The Reds hanya butuh satu kemenangan saja jika Manchester City tumbang dari menjamu Arsenal pada Rabu (17/6) malam nanti WIB.

Tapi, apakah ada potensi Liverpool gagal meraih titel juara yang tinggal sejengkal lagi tersebut? Peluang yang menggagalkan Liverpool menyudahi penantian panjangnya selama 30 tahun?

‘’Apakah ada peluang Liverpool tidak akan menjuarai liga? Dengan hanya membutuhkan enam poin lagi dari sembilan pertandingan tersisa, gelar juara sepenuhnya milik mereka,’’ sebut laporan Telegraph.co.uk.

Persentase Kemenangan

Sepertinya sulit mengharapkan Liverpool gagal memetik dua kemenangan dari sembilan laga terakhir Liga Primer Inggris. Karena, berdasarkan data statistik dari situs Premierleague.com, persentase kemenangan Liverpool musim ini di atas angka 90 persen. Atau, tepatnya 93 persen dengan rinciannya 27 kemenangan, satu seri dan satu kekalahan dari 29 pertandingan terakhir.

Dengan persentase kemenangan 93 persen tersebut, Liverpool berpeluang memenangkan 8,37 dari 9 pertandingan terakhir. Atau, paling tidak Liverpool hanya menelan satu kekalahan dari Sembilan sisa laga Liga Inggrisnya.

Liverpool akan melakoni empat laga kandang dari sembilan laga tersisa. Skuat Juergen Klopp akan menjamu Crystal Palace (24/6), Aston Villa (4/7), Burnley (11/7) dan terakhir Chelsea (18/7).

Lima pertandingan lainnya akan dilalui Liverpool di kandang tim lawan. The Reds akan mengawalinya dengan bertandang ke markas musuh sekota, Everton, dalam derby Merseyside pada 21 Juni. Lainnya yakni menghadapi tuan rumah Manchester City (2/7), Brighton & Hove Albion (8/7), Arsenal (15/7) dan terakhir Newcastle United (26/7).

Laga Kandang

Liverpool memiliki rekor kandang yang sempurna musim ini. Mohamed Salah dan kawan-kawan tidak terkalahkan dalam 15 pertandingan terakhir di Stadion Anfield. 

Liverpool memenangkan keseluruh 15 laga kandang tersebut. Dari 66 gol Liverpool musim ini, sebanyak 40 gol tercipta di laga kandang.

Seperti dikutip dari data statistik Whoscored.com, rekor kandang Liverpool musim sebelumnya juga sempurna. Pada musim 2018/2019 ketika harus puas di posisi kedua di bawah Manchester City, Liverpool tidak terkalahkan dalam laga kandang. The Reds membukukan 17 kemenangan laga kandang dan dua kali seri.

Pada musim 2017/2018, Stadion Anfield juga sama sekali tidak tersentuh kekalahan. Liverpool mencatatkan rekor kandang sempurna dengan 12 kemenangan dan 7 kali seri. 

Si Merah terakhir kali menelan kekalahan kandang saat dipermalukan 1-2 dari menjamu Crystal Palace pada 23 April 2017 atau tiga tahun lalu. Dengan rekor kandang sempurna tersebut, Liverpool rasa tidak mungkin jika tidak mampu meraih dua kemenangan dari empat laga kandang tersisa.

Markas Lawan

Penampilan Liverpool di markas lawan juga terbilang sempurna. Meski, kekalahan pertama Liverpool musim ini terjadi di kandang lawan. The Reds dipaksa membawa kekalahan 0-3 dari lawatan ke markas Watford pada awal Maret lalu.

Tapi, secara keseluruhan rekor tandang Liverpool musim ini masih terbilang bagus. Mereka mampu membawa pulang 12 kemenangan dan satu kali seri.

Persentase laga tandang Liverpool pun masih lumayan dengan 85 persen. Dengan persentase tersebut, Liverpool berpeluang meraih empat kemenangan dari lima laga tandang tersisa musim ini. Meski lawan-lawannya boleh dibilang sulit seperti Manchester City, Arsenal, termasuk musuh sekota Everton.

Rekor tandang yang ciamik ini semakin melengkapi rekor kandang dan rekor persentase kemenangan Liverpool. Dengan melihat penampilannya yang konsisten sepanjang musim ini, apakah Liverpool masih berpeluang gagal menjuarai Liga Primer Inggris? Bola itu bundar. Segala sesuatu masih bisa terjadi, meski peluangnya sangat kecil sekali. Wallahu a'lam

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement