Kamis 18 Jun 2020 10:37 WIB

3 Pemain Bertumbangan di Laga Perdana Pandemi

Lama tak menggunakan otot dengan intensitas tinggi menjadi penyebab.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Granit Xhaka
Foto: EPA-EFE/Dan Himbrechts
Granit Xhaka

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Setidaknya ada tiga pemain yang harus mengakhiri laga lebih cepat lantaran mengalami cedera dalam laga perdana Liga Primer Inggris pasca penghentian sementara kompetisi selama dua bulan akibat pandemi Covid-19, tepatnya kala Arsenal melawat ke kandang Manchester City, Kamis (18/6) dini hari WIB.

Bahkan, dua pemain dari tiga pemain tersebut mesti ditandu untuk bisa keluar lapangan lantaran cedera yang mereka alami. Adalah gelandang Arsenal, Granit Xhaka, yang harus ditandu keluar karena mengalami cedera. Gelandang asal Swiss itu mengalami cedera setelah bertabrakan dengan rekan setimnya, Matteo Guendouzi, pada menit kedelapan.

Posisi Xhaka kemudian digantikan oleh Dani Ceballos. Tidak berhenti sampai disitu, Arsenal kembali kehilangan pemain lantaran mengalami cedera. Bek tengah berusia 26 tahun, Pablo Mari, mengalami cedera dan harus digantikan oleh David Luiz pada menit ke-23. Lama tak menggunakan otot dengan intensitas tinggi menjadi penyebab.

Mari diketahui mengalami masalah pada tendon achilles saat berusaha mengejar winger City, Riyad Mahrez. Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, mengakui, cedera yang dialami Pablo cukup parah. Namun, Arteta mengungkapkan, tim medis Arsenal akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut di fasilitas kesehatan klub.

''Mereka sudah diperiksa oleh tim medis. Namun, kami akan mendapatkan informasi lebih lengkap soal cedera dua pemain tersebut pada esok hari. Sepertinya, kondisi Pablo cukup parah,'' kata Arteta seperti dikutip laman resmi klub, Kamis (18/6).

Kendati begitu, bukan hanya penggawa The Gunners yang mengalami cedera di laga tersebut. Hal serupa juga dialami oleh penggawa The Citizen, yaitu Eric Garcia.

Bahkan, bek tengah berusia 19 tahun itu sempat tidak sadarkan diri setelah terkena tendangan penjaga gawang City, Ederson, saat keduanya sama-sama berusaha menghalau bola pada 10 menit terakhir laga. 

Alhasi, seperti halnya Xhaka, Garcia harus ditandu untuk bisa keluar dari lapangan. Berdasarkan pemeriksaan sementara, Garcia dikabarkan mengalami cedera kepala.

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, mengungkapkan, kendati telah sadar, tapi Garcia telah dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

''Dia telah tampil dengan sangat bagus di laga itu. Sangat disayangkan melihat dia mengakhirinya dengan cara seperti itu. Pada pemeriksaan pertama, sepertinya cukup parah. Sekarang, dia telah sadar dan telah dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Kami akan terus memantau kondisinya,'' kata Guardiola seusai laga seperti dikutip Sky Sports

Laga yang digelar di Stadion Etihad itu pun berakhir untuk kemenangan tuan rumah. The Citizen sukses mencukur Arsenal, 3-0, lewat gol yang masing-masing dicetak Raheem Sterling, Kevin de Bruyne, dan Phil Foden.

Selain cedera yang dialami tiga pemain tersebut, laga ini juga diwarnai dua blunder fatal bek tengah Arsenal, David Luiz, yang berujung robeknya gawang The Gunners.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement