Sabtu 04 Jul 2020 21:28 WIB

Buffon Pecahkan Rekor Penampilan Terbanyak Serie A, Hari Ini

Buffon akan mengawal gawang Juventus melawan Torino untuk memecahkan rekor Maldini.

Kiper Juventus, Gianluigi Buffon
Foto: AP Photo/Antonio Calanni
Kiper Juventus, Gianluigi Buffon

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gianluigi Buffon akan membuat sejarah malam ini dengan mencatatkan penampilan ke-648 di Serie A. Buffon akan melewati rekor Paolo Maldini, saat ia mengawal gawang Juventus menghadapi Torino pada laga derby Turin di Stadion Allianz, Sabtu (4/7).

Kiper berusia 42 tahun ini baru saja menandatangani perpanjangan kontrak hingga Juni 2021, yang berarti ia akan berusia 43 tahun dan lima bulan pada saat kontrak berakhir.

Baca Juga

Super Gigi membuat debutnya di Serie A untuk Parma dan mencatat clean sheet dalam hasil imbang 0-0 dengan Milan pada 19 November 1995. Saat itu, dia baru berusia 17 tahun, sembilan bulan, dan 22 hari.

Nevio Scala pelatih Parma kala itu, memasangnya ketika Luca Bucci tidak tersedia. Buffon muda mampu bertahan dari gempuran pemain sekelas Roberto Baggio, George Weah, dan Zvonimir Boban.

Ia bertahan lama di Juventus. Sempat membela Paris Saint-Germain musim lalu, Buffon kemudian kembali ke Juventus musim ini. Saking lamanya berkiprah, Buffon bahkan pernah merasakan bermain melawan putra-putra mantan rekan setimnya, Federico Chiesa dan Marcus Thuram.

Dalam 647 pertandingan Serie A sejauh ini, Buffon mencatatkan 296 clean sheet dan kebobolan 524 gol.

Susunan pemain Juventus lawan Torino:

Juventus (4-3-3): Gianluigi Buffon; Juan Cuadrado, Matthijs De Ligt, Leonardo Bonucci, Danilo; Rodrigo Bentancur, Miralem Pjanic, Adrien Rabiot; Federico Bernardeschi, Paulo Dybala, Cristiano Ronaldo.

Pelatih: Maurizio Sarri

Torino (3-5-2)

Salvatore Sirigu; Armando Izzo, Lyanco, Bremer; Lorenzo Di Silvestri, Sasa Lukic, Soualiho Meite, Temitayo Aina, Alex Berenguer; Andrea Belotti, Simone Verdi

Pelatih: Moreno Longo

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement