Senin 06 Jul 2020 22:12 WIB

Guardiola Yakin City Bakal Terbebas dari Sanksi UEFA

The Citizen membawa kasus ini ke Badan Arbitrase Olahraga Internasional (CAS).

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih Manchester City Pep Guardiola.
Foto: DOK Republika
Pelatih Manchester City Pep Guardiola.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Lantaran dianggap melakukan pelanggaran Financial Fair Play (FFP), Manchester City mendapatkan sanksi dari Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) pada Februari silam.

Selain mesti membayar sejumlah denda, The Citizen juga dilarang berpartisipasi di pentas kompetisi Eropa pada dua musim mendatang. Manajemen The Citizen telah mengajukan banding terhadap sanksi UEFA tersebut.

The Citizen membawa kasus ini ke Badan Arbitrase Olahraga Internasional (CAS). Persidangan atas banding City ini pun telah digelar sejak bulan lalu. Rencananya, CAS akan mengumumkan putusan terhadap banding City tersebut pada 13 Juli waktu setempat.

Apabila banding City diterima, maka sanksi terhadap The Citizen akan dibatalkan. Guardiola pun mengaku optimis, CAS bakal membatalkan sanksi dari UEFA tersebut. Dengan begitu, The Citizen bisa berpartisipasi di kompetisi Eropa musim depan, terutama di Liga Champions. 

''Kami siap mendengarkan putusan tersebut. Kami cukup yakin dan percaya kepada semua pihak, bahwa kami akan diperbolehkan tampil di Liga Champions pada musim depan, karena kami benar-benar menginginkan tampil di kompetisi tersebut pada tahun-tahun mendatang,'' kata Guardiola seperti dikutip Sky Sports, Senin (6/7).

Mantan pelatih Bayern Muenchen itu berharap, putusan CAS pada 13 JUli mendatang dapat menjadi dasar buat City untuk bisa terus berkembang dan mampu menjadi pesaing utama di pentas Liga Champions musim depan.

''Pada 13 Juli mendatang, kami akan mendapatkan kejelasan. Saya harap, semua pemain, pelatih, dan seluruh staff klub terus berusaha untuk tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik pada tahun-tahun berikutnya,'' tutur Guardiola.

Terlepas dari sanksi UEFA, City kemungkinan besar sudah bisa memenuhi syarat tampil di Liga Champions musim depan. Hingga pekan ke-33 Liga Primer Inggris, City cukup nyaman berada di peringkat kedua klasemen sementara dan mengantongi keunggulan delapan poin dari peringkat ketiga, Leicester City. 

Sementara pada musim ini, City masih harus melakoni laga leg kedua babak 16 besar, menghadapi Real Madrid. Rencananya, laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions musim ini akan digelar pada awal Agustus mendatang. Pada leg pertama, The Citizen mampu memetik kemenangan, 2-1, atas Los Blancos.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement