Selasa 07 Jul 2020 21:18 WIB

Roma Dapat Keuntungan dari Transfer Pjanic ke Barca

Pjanic memang sempat membela AS Roma dari 2011 hingga 2016.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Arthur Melo dan Miralem Pjanic
Foto: EPA-EFE/ENRIC FONTCUBERTA
Arthur Melo dan Miralem Pjanic

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- AS Roma akan mendapatkan sedikit keuntungan dari transaksi kepindaham Miralem Pjanic dari Juventus ke Barcelona. I Giallorossi kabarnya berhak mendapatkan bagian sebesar 600 ribu euro dari total nilai transaksi kepindahan Pjanic, yang mencapai 60 juta euro.

Berdasarkan ketentuan FIFA, Roma berhak mendapatkan bagian dari nilai total transaksi kepindahan gelandang asal Bosnia tersebut sebagai bagian dalam skema ''dana solidaritas''.

AS Roma dinilai memiliki peran dalam membantu mengembangkan kualitas permainan Pjanic. Sebelum memperkuat Juventus pada 2016, Pjanic memang sempat membela AS Roma dari 2011 hingga 2016.

Selama memperkuat Roma, Pjanic tampil di 185 laga dan menyumbangkan 30 gol serta 40 assist di semua ajang.  Dana solidaritas itu berasal lima persen dari total nilai transaksi kepindahah Pjanic, atau sekitar tiga juta euro.

Nantinya, tiga juta euro itu akan dibagi-bagi kepada klub-klub yang pernah diperkuat Pjanic.

''Berdasarkan perhitungan yang dilakukan Calcio e Finanza dan CIES Football Observatory, Roma berhak mendapatkan bagian sebesar 600 ribu euro dari kepindahan Pjanic tersebut,'' tulis laporan Football Italia, Rabu (7/7).

Selain Roma, sejumlah klub lain juga berhak menerima dana solidaritas dari kepindahan gelandang berusia 30 tahun tersebut. Lyon akan menerima dana sebesar 450 ribu euro.

Selain itu, ada pula Metz, yang berhak mendapatkan kucuran dana sebesar 1,05 juta euro. Pun dengan klub pertama Pjanic, FC Schifflange, yang akan menerima dana mencapai 900 ribu euro.

Pada akhir bulan lalu, Juventus dan Barcelona sama-sama telah mengumumkan kesepakatan kepindahan Pjanic. Selain itu kepindahan Pjanic ke Barcelona.

Juventus juga akan merekrut gelandang asal Brasil, Arthur, dari Barcelona. Namun, berbeda dari Pjanic, yang ditebus dengan nilai 60 juta euro, Juventus harus merogoh kocek sedalam 70 juta euro demi bisa mendapatkan Arthur.

Kendati kesepakatan kedua tim telah tercapai pada akhir bulan lalu, tapi kedua pemain baru dijadwalkan akan bergabung dengan klub barunya pada awal musim depan.

Baik Pjanic dan Arthur masih akan berseragam Juventus dan Barcelona hingga kompetisi musim ini benar-benar berakhir, yang ditandai dengan rampungnya gelaran Liga Champions musim ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement