Sabtu 11 Jul 2020 05:45 WIB

Siapa Jago Clean Sheet Liga Inggris Musim ini

Di musim lalu, Alisson Becker sukses meraih penghargaan Golden Gloves Liga Primer.

Rep: Fitriyanto/ Red: Agung Sasongko
Alisson Becker
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Alisson Becker

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Gelar juara Liga Primer Inggris sudah dikunci Liverpool. Kasak-kasuk kompetisi menyisakan perebutan jatah kompetisi Eropa, juga perebutan siapa penyerang tersubur dan paling jago memberi asisst. Namun, ada satu lagi yang tak kalah menarik, perebutan golden gloves atau sarung tangan emas. Sebuah penghargaan bagi kiper dengan catatan tak kebobolan terbaik atau clean sheet.

Di musim lalu, Alisson Becker sukses meraih penghargaan Golden Gloves Liga Primer Inggris musim 2018-19. Di musim itu, Allison mencatatkan 21 clean sheet. Capaian Clean sheet ke-21 itu ia catatkan di pertandingan melawan Wolverhampton di pekan ke-38. Sementara, di posis kedua diraih kiper Manchester City, Ederson. Kompatriot Alisson ini hanya bisa mencapai angka 20 saja.

Kini situasinya berbeda, kiper Burnley, Nick Pope saat ini menempati posisi teratas dengan total 14 clean sheet. Sementara, kiper Liverpool Alisson menempel ketat dengan 13 kali.  Sementara Edersen memiliki capaian serupa yakni 13 clean sheet. Disusul, kiper Sheffield United, Dean Anderson. Kiper pinjaman dari Mancheter United ini mencatat 12 kali clean sheet.

Nick Pope merebut kembali posisi terdepan dalam perebutan Golden Gloves ketika timnya meraih kemenangan ke-14 saat mengalahkan West Ham United 1-0. "Kami memiliki empat pertandingan lagi sehingga kami ingin melihat berapa banyak yang bisa kami dapatkan. Ini adalah pencapaian besar bagi tim yang tidak masuk dalam enam teratas untuk mendapatkan sebanyak itu," katanya kepada Pendley Today.

Pope pun mengapresiasi kemampuan barisan bertahanan Burnley yang bermain apik. Kiper asal Inggris ini percaya, Burnley memiliki kesempatan besar mengembangkan permainannya dan meraih banyak hal  "Tepat di depan saya, pemain bertahan dengan baik. Para pemain berlari dan saya sangat percaya diri ketika melihat mereka melakukan hal itu," katanya.

Pada laga melawan West Ham, Pope mengakui laga tersebut tidaklah mudah. Jelang laga berakhir barisan pertahanan Burnley diserang bertubi-tubi. "Tim tidak akan menyerah dan West Ham berjuang sangat keras, mereka tim yang bagus. Tapi untungnya kami mendapat clean sheet, jadi saya sangat senang, " komentarnya soal hasil clean sheet ke-14.

Dengan menyisakan empat laga lagi, tentu masih ada peluang bagi setiap kandidat guna meraih golden gloves musim ini. Alisson mungkin bisa mengejar ketertinggalannya ketika Liverpool menjamu Burnley di Stadion Anfield, Sabtu (11/7) WIB. 

Rekor clean sheet terbanyak di Liga Primer Inggris masih masih dipegang oleh Petr Cech pada musim 2004/05.  Kiper asal Republik Ceko itu mencatatkan 24 clean sheet bagi Chelsea. Istimewanya, keberhasilan Cech dibarengi dengan kesuksesan Chelsea meraih gelar Liga Primer perdananya dengan hanya kebobolan 15 gol. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement