Senin 13 Jul 2020 02:10 WIB

Lionel Messi Menjelma Jadi Mesin Assist Barcelona

Messi mencetak lebih dari 20 gol dan 20 assist di liga musim ini.

Bintang Barcelona Lionel Messi (tengah) menendang bola.
Foto: AP / Joan Monfort
Bintang Barcelona Lionel Messi (tengah) menendang bola.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lionel Messi kembali menambahkan pundi-pundi assist-nya musim ini setelah ia membantu Arturo Vidal mencetak gol kemenangan Barcelona melawan Real Valladolid. Barca menang 1-0 atas Valladolid di Stadion Zose Zorrilla pada Ahad (12/7).

Menurut laporan Marca, assist teranyar Messi adalah yang ke-20 bagi kapten Barcelona tersebut di musim ini. Hal itu membuatnya menyamai catatan assist mantan rekan setimnya, Xavi Hernandez, di La Liga Spanyol musim 2008/2009.

Selain itu, pemain berjuluk si kutu atau La Pulga tersebut juga menjadi pencetak gol terbanyak di La Liga dengan 22 gol. Ia menorehkan prestasi individu sebagai pemain kedua yang mencetak lebih dari 20 gol dan 20 assist di liga dalam semusim di abad ke-21.

Penyerang legendaris Prancis, Thierry Henry, adalah pemain pertama yang mencapai prestasi itu. Ia berhasil mencetak 24 gol dan 20 assist untuk Arsenal selama musim 2002/2003.

Musim ini dianggap musim terbaik bagi Messi berdasarkan jumlah assist. Jumlah assist terbaik La Pulga sebelumnya adalah 18 assist pada musim 2010/2011 dan 2014/2015.

Luis Suarez menjadi pemain yang sering mendapatkan assist dari Messi musim ini. Suarez mencetak tujuh gol berkat umpan sang kapten.

Antonine Griezmann dan Vidal sama-sama mencetak tiga gol setelah menerima bola dari Messi, sedangkan sepuluh pemain Barcelona lainnya masing-masing hanya satu kali dapat assist Messi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement