Kamis 16 Jul 2020 15:00 WIB

Piala Dunia 2022 Dipersingkat, Satu Hari Empat Pertandingan

Pembahasan soal kapan waktu kick-off masih dilakukan.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Stadion Education City, tempat Piala Dunia FIFA 2022, di Doha, Qatar, 15 Juni 2020. Penyelesaian stadion ditandai selama program khusus pada platform media sosial Komite Pengantar & Legacy (SC), karena pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung
Foto: EPA-EFE/NOUSHAD THEKKAYIL
Stadion Education City, tempat Piala Dunia FIFA 2022, di Doha, Qatar, 15 Juni 2020. Penyelesaian stadion ditandai selama program khusus pada platform media sosial Komite Pengantar & Legacy (SC), karena pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Piala Dunia 2022 akan digelar dengan empat pertandingans setiap harinya, selama 12 hari fase grup. Hal itu terlihat usai FIFA mengumumkan jadwal Piala Dunia yang dimainkan dari November sampai Desember. Setelah pengumuman ini, FIFA, dalam sebuah pernyataan, menyebut pembahasan soal kapan waktu kick-off masih dilakukan, dengan mempertimbangkan apakah akan menguntungkan fan sepak bola di rumah maupun hanya untuk pendukung di Qatar, sehubungan dengan alokasi stadion.

Dikutip dari Japan Today, Kamis (16/7), Qatar akan menjadi tuan rumah Piala Dunia pertama di Timur Tengah, dan mengawali pertandingan di Stadion Al Bayt yang berkapasitas 60 ribu penonton, pada 21 November. 

Sementara final akan digelar pada 18 Desember di Stadion Lusail yang berkapasitas 80 ribu penonton. Waktu kickoff akan dilakukan pukul 18:00 waktu setempat, sama seperti yang dilakukan di Rusia pada 2018.

Delapan stadion di dekat Doha akan digunakan selama 28 hari, berkurang 32 hari dari yang diselenggarakan di Rusia. Hal itu dilakukan agar tidak mengganggu musim kompetisi di Eropa. 

Untungnya, pendukung maupun penonton tidak perlu menggunakan pesawat untuk bisa mengunjungi masing-masing stadion, karena masih dalam jangkauan jalur darat.

Sementara semifinal, seperti pada penyelenggaraan sebelumnya, akan dimulai pada jam 10 malam waktu setempat, dan bisa berlanjut sampai tengah malam jika ada perpanjangan waktu, pemain yang cedera  hingga pengecekan VAR.

Akibatnya, tidak ada jeda tanpa pertandingan antara babak penyisihan grup dan babak 16 besar. Sebagian besar tim akan mendapatkan waktu istirahat selama tiga hari dari pertandingan terakhir, yang dinilai FIFA cukup optimal untuk kembali bertanding. Sementara setelah masuk babak 16 besar, tim akan memiliki waktu istirahat selama dua hari. 

Untuk perebutam posisi peringkat tiga, salah satu semifinalis akan memiliki waktu dua hari pemulihan, dan satu liga tiga hari. 

Untuk undian grup, FIFA akan menggelarnya pada awal akhir Maret atau awal April 2022, saat 30 dari 32 peserta sudah dipastikan. Ini adalah Piala Dunia terakhir dengan 32 tim, sebelum ekspansi dengan 48 negara peserta pada Piala Dunia 2026 di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement