Senin 20 Jul 2020 21:16 WIB

LeBron James Dinilai Layak Raih MVP

Saya percaya bahwa LeBron harus menjadi MVP tahun ini

Rep: Fitrianto/ Red: Muhammad Akbar
LeBron James
Foto: AP Photo/Marcio Jose Sanchez
LeBron James

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Pelatih Los Angeles Lakers Frank Vogel menilai pemainnya LeBron James layak meraih gelar pemain terbaik atau Most Valuable Player (MVP) NBA musim 2019-2020. Ini berdasarkan penampilan sang bintang musim ini, khususnya beberapa laga terakhir sebelum liga dihentikan karena virus corona.

Lakers dengan LeBron sebagai bintang utama mampu mengalahkan Giannis Antetokounmpo dan Milwaukee Bucks, 113-103, pada 6 Maret lalu. Dilanjutkan dengan mengalahkan Kawhi Leonard dan Los Angeles Clippers, 112-103, dua hari kemudian.

Vogel mengatakan bahwa kinerja LeBron James dalam dua pertandingan itu mengambarkan kasusnya untuk MVP.  Vogel juga menyebutkan kalau karya Anthony Davis dalam dua kemenangan menunjukkan mengapa ia layak menjadi Pemain Bertahan of the Year.

"Di akhir pekan itu, LeBron mengambil tugas terberat di kedua pertandingan. Dia menjaga Kawhi di pertandingan Clippers dan melakukan pekerjaan besar dengannya di sana. Dan kemudian dia menjaga Giannis di pertandingan Bucks ketika AD dalam masalah dan melakukan pekerjaan hebat  dalam dua situasi itu, "kata Vogel pada panggilan konferensi video dengan wartawan Sabtu.

"Saya pikir akhir pekan itu mungkin merupakan indikator atau tongkat pengukur yang hebat." Tegas Vogel dilansir dari laman ESPN, Senin (20/7).

James, 35 tahun, telah memenangkan empat penghargaan MVP tetapi yang terakhir datang pada 2012-13.  Sejak itu, dia memiliki dua tempat kedua dan dua tempat ketiga untuk kehormatan itu.

"Tidak ada dampak menang lebih dari LeBron James. Saya percaya bahwa dia harus menjadi MVP tahun ini," kata Vogel. 

"Saya percaya dia harus menjadi MVP dan saya percaya Anthony Davis harus menjadi Pemain Bertahan of the Year. Saya berharap penghargaan itu diberikan kepada dua pemain kami."

Davis, 27 tahun, tidak pernah finis di tempat ketiga karena perbedaan pertahanan. Vogel mengatakan bahwa kepemimpinan pasangan di pertahanan adalah yang terpenting bagi keberhasilan Lakers.

 "Kami pertahanan terbaik ketiga di NBA, terbaik di Barat dan banyak yang datang dari komitmen [James 'musim ini, yang telah lebih besar dari beberapa tahun terakhir dari apa yang saya katakan, benar-benar telah menetapkan  kami terpisah, "kata Vogel. 

"Seperti yang aku katakan, aku berharap kedua penghargaan itu diberikan kepada dua pemain itu."

James rata-rata 25,7 poin, 7,9 rebound dan 10,6 assist terbaik liga per pertandingan sebelum musim ditangguhkan. Vogel mengatakan kontribusi James yang tidak berwujud kepada tim juga harus diingat oleh para pemilih.

"Bukan untuk mengambil apa pun dari beberapa kandidat lain, tetapi apa yang LeBron lakukan berarti bagi tim kami, bahkan sebelum musim dimulai ketika daftar sedang disatukan, dengan jumlah orang yang ada di Lakers karena LeBron James ada di sini dan  ingin bermain dengannya, "kata Vogel.  "Saya pikir itu dimulai di sana.

"Dan kemudian jelas apa yang dia bisa lakukan di lapangan basket, mengatur serangan, memimpin liga dalam assist dan benar-benar mengatur nada pada akhir pertahanan,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement